nusabali

Juni-Juli, Mobil Jenazah Gratis Angkut 25 Jenazah

  • www.nusabali.com-juni-juli-mobil-jenazah-gratis-angkut-25-jenazah

AMLAPURA, NusaBali - Anggota DPRD Bali dari Fraksi PDIP Ni Kadek Darmini, sejak tahun 2017 membentuk relawan khusus pengantar jenazah warga kurang mampu. Pengantaran dengan angkutan mobil ini dari rumah sakit menuju rumah duka atau setra (kuburan).

Relawan tersebut dibawah koordinasi I Wayan Suara Arsana. Suara Arsana sejak Juni – awal Juli 2023, telah mengantar 25 jenazah. Usai mengantar jenazah ke setra, dia meminta banten pembersihan secara niskala untuk kendaraan dan sopirnya.

"Terakhir, saya antar dua jenazah sekaligus, karena pemiliknya dari satu banjar dan satu setra, Minggu (2/7)," jelas Suara Arsana di Amlapura, Senin (3/7).

Dua jenazah itu diambil dari RSUD Karangasem untuk diantar ke Banjar Adat Guna Karya, Banjar Dinas Muntig, Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat dan menuju Setra Desa Adat Selat. Agar tidak dua kali ke RSUD Karangasem,  kata Suara Arsana, kedua jenazah diangkut sekaligus.

"Saya antar jenazah secara gratis. Hanya saja, usai menyerahkan jenazah di setra, saya minta banten dari pemilik jenazah untuk malukat. Itu saja," tambah mantan Perbekel Amerta Bhuana, Kecamatan Selat ini

Selama mengantar jenazah tidak pernah ada rasa takut, baik siang maupun malam. Sebab, pihak keluarganya juga ikut di mobil angkutan jenazah itu. Motivasinya berupaya bisa membantu masyarakat kurang mampu. Dengan cara itu, maka bisa memperluas nyama braya (persaudaraan).

Pengantaran jenazah bisa sampai ke tempat kremasi di Banjar/Desa Sulang, Kecamatan Dawan, Klungkung, dan di Banjar Punduk Dawa, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung, dan sebagainya.

Kemunculan relawan Kadek Darmini ini, katanya, bermula ada sejumlah warga meninggal di pengungsian, selama erupsi Gunung Agung tahun 2017 - 2018.7k16

Komentar