nusabali

Koster Ungkap Hasil Survei PDIP di Bali

Pede Seluruh Bali akan Merah Total di Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-koster-ungkap-hasil-survei-pdip-di-bali

Koster meminta seluruh kader PDIP bergerak solid, jika ada perbedaan disimpan dulu jangan dibuka ke publik agar tidak dimanfaatkan kawan seberang.

TABANAN, NusaBali
Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster ungkap hasil survei terhadap PDIP di Bali yang menunjukkan partai banteng moncong putih akan menang total di Bali Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Hal serupa juga terjadi pada Capres usungan PDIP, yakni Ganjar Pranowo.

Koster yang juga Gubernur Bali ini menyebut pihaknya sudah melakukan dua kali survei pasca pandemi Covid-19, yakni pada Agustus 2022 dan Juni 2023. "Secara keseluruhan PDIP akan menang total di Bali di seluruh kabupaten/kota di Bali," ujar Koster saat menghadiri pelantikan pengurus Banteng Muda Indonesia (BMI) Bali di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Selasa (27/6).

Hanya saja, politisi senior PDIP asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Buleleng ini tak bersedia menyebutkan angka persentase hasil survei yang memenangkan PDIP itu. Dia mengatakan untuk mengantisipasi kader partai tidak bekerja secara maksimal.

"Nanti kalau saya sebut angka (kader partai) tidak serius kerjanya. Lebih bagus tidak sebut angka," katanya. Namun yang jelas target yang dicanangkan baik di provinsi, kabupaten, kota dan RI diyakini tercapai.

Untuk itu dia meminta kepada seluruh kader bergerak solid. Jika ada perbedaan disimpan dahulu jangan dibuka ke publik agar tidak dimanfaatkan kawan seberang. Dia menyebut secara umum kondisi di internal PDIP dari jajaran DPD sampai dengan pengurus ranting relatif solid. "Seluruh Bali saya lihat struktur DPD, DPC, PAC, Ranting, relatif solid. Tidak seratus persen solid. Ada cetak-cetuk sedikit," ungkap Koster.

Namun menurutnya, dalam organisasi parpol itu sebagai hal yang wajar sebagai dinamika. "Tapi yang penting dinamika itu selalu dapat kami satukan kembali untuk memberikan apa yang menjadi agenda partai, memenangkan Pileg dan Pilpres 2024," tegasnya.

"Perhelatan Pemilu pada Februari 2024 kita masih ada waktu 6-7 bulan karena itu semua harus solid, tertib, disiplin serta penuh tanggung jawab melaksanakan tugas partai. Apa yang sudah dicanangkan untuk Indonesia kita harus patuh kepada arahan DPP PDIP," pesannya kepada seluruh kader yang hadir.

Khusus untuk BMI, di kesempatan tersebut Koster meminta kepada pengurus yang telah dilantik supaya bergerak langsung ikut memenangkan arahan partai. Dia tak ingin pengurus yang sudah dilantik malah "tidur".

"Terus terang saja, gerakan sayap partai kita belum mantap pergerakannya. Sehingga kami juga minta kepada Pak Viano (Mochamad Herviano, Ketua BMI Pusat, Red) mendorong agar sayap partai betul-betul aktif bergerak ke masyarakat. Apalagi beliau sudah hadir ke Bali saya kira ini suatu kehormatan, karena itu tanggung jawab sudah diamanahkan," tegas Koster.

Di acara pelantikan pengurus BMI Provinsi Bali kemarin juga terus bergema salam metal (merah total) dan menangkan Ganjar Pranowo Presiden RI. Seluruh kader yang hadir di seluruh Provinsi Bali tampak semarak dan antusias menyebut salam metal tersebut.

Sejumlah kader PDIP yang hadir dalam pelantikan pengurus BMI Bali kemarin, di antaranya anggota DPR RI I Gusti Ngurah Kesuma Kelakan, Wayan Sudirta, Made Urip, Bupati Badung yang juga Ketua DPC PDIP Badung I Nyoman Giri Prasta, Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, Sekretaris DPD PDIP Bali yang juga Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Ketua DPC PDIP Tabanan yang juga Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dan kader partai lainnya.

Sementara pelantikan pengurus BMI Bali dikemas dalam kegiatan "Koster Pasar Gotong Royong". Pasar Gorong Royong ini digelar selama dua hari pada 27-28 Juni dengan melibatkan puluhan UMKM di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan.

Ketua DPD BMI Bali dijabat oleh Pande Agus Permana Widura, Sekretaris DPD BMI Bali I Made Dwi Agus Sastrawan, dan Bendahara DPD BMI Bali I Made Deni Sutrisna. Pelantikan pengurus DPD BMI Bali dihadiri langsung Ketua Umum BMI Mochamad Herviano.

Ketua DPD PDIP Bali Wayan Koster meminta DPD BMI Bali bekerja dengan baik agar segmen PDIP bisa diperluas dengan adanya organisasi dan memperkuat pemenangan Pilpres. "BMI jangan mengerjakan yang sudah dibuat struktur partai, kalau sudah dikerjakan senior, BMI bergerak di pemudanya," sarannya.

Terkait hal itu Ketua DPD BMI Bali Pande Agus Permana Widura mengatakan BMI untuk persiapan Pemilu 2024 nanti terus bergerak menyasar anak muda, sebab anak muda banyak belum memahami secara detail tentang politik. "Kami mencoba masuk ke anak-anak muda dengan gaya muda salah satunya dengan menggelar sejumlah lomba," katanya.

Untuk itu dia akan menggerakkan seluruh anak muda ikut menyukseskan kemenangan PDIP di Pemilu 2024, termasuk memenangkan Capres Ganjar Pranowo dengan target 95 persen kemenangan di Bali. "Sesuai yang disampaikan pak Ketua (DPP PDIP Bali) target kemenangan mencapai 95 persen. Kami akan bergerak di seluruh kabupaten/kota di Bali," kata Pande Widura.

Sementara itu, Ketua Umum BMI Mochamad Herviano mengatakan dengan dilantiknya pengurus baru diharapkan bisa menambah energi konsolidasi partai khususnya memperjuangkan anak-anak muda. "Kita akan terus bergerak tanpa henti bahwa BMI ikut membantu untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Bali supaya bisa menjadi contoh membumikan pemikiran Soekarno dan Pancasila agar semua cita-cita terwujud," tegas anggota DPR RI ini. 7 des

Komentar