nusabali

Jalan Jebol di Bakung Dianggarkan Rp 1 Miliar

  • www.nusabali.com-jalan-jebol-di-bakung-dianggarkan-rp-1-miliar

SINGARAJA, NusaBali - Pemkab Buleleng segera memperbaiki jalan jebol di Lingkungan Bakung, Kelurahan / Kecamatan Sukasada, Buleleng. Jalan yang biasa dilintasi warga tiga desa sekitar, jebol karena tergerus air hujan, akhir Januari 2023.

Pemkab menganggarkan Rp 1 miliar tahun ini untuk proyek tersebut. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng I Putu Adiptha Eka Putra, Minggu (25/6) kemarin, mengatakan anggaran itu siap dieksekusi Juli 2023. Konstruksi jalan juga akan diperkuat dengan memakai box culvert.

Karena di bawah jalan ada sungai kecil, maka akan dipasang beton box culvert, lanjut jalan diaspal. Astungkara Juli mulai, November 2023 bisa tuntas, terang Adiptha.

Perbaikan jalan jebol itu tepat di sebelah utara Puskesmas Sukasada I, dan menjadi prioritas. Sebab jalan ini merupakan akses vital bagi warga tiga desa sekitar. Selain dimanfaatkan oleh warga lokal Lingkungan Bakung, Kelurahan Sukasada, akses ini juga sering kali dilalui oleh warga Desa Sarimekar, Desa Nagasepaha, Kecamatan Buleleng dan Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Sejak peristiwa bencana yang merusak fasilitas umum ini, akses jalan ditutup. Desa Adat Sukasada dan warga Lingkungan Bakung secara swadaya empat membuat jembatan darurat menggunakan bambu. Jalan ini jebol hampir setengah badan jalan dengan diameter sangat besar. Maka, jalan ini hanya bisa dilalui pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat dan kendaraan besar pengangkut material, dialihkan ke jalan alternatif dengan jarak tempuh yang lebih panjang.

Anggaran yang disiapkan untuk perbaikan jalan dari APBD Buleleng. Perbaikan jalan rusak di Buleleng karena bencana maupun karena sudah waktu pemeliharaan, sedang dilakukan pendataan.

Kata Adiptha, Pemkab Buleleng melalui kebijakan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng berkomitmen untuk mengalokasikan anggaran lebih banyak untuk pembangunan fisik. Salah satunya, untuk perbaikan jalan rusak di Buleleng.7k23

Komentar