nusabali

7 Tahun Absen, Polres Gianyar Gelar Jambore Pecalang

  • www.nusabali.com-7-tahun-absen-polres-gianyar-gelar-jambore-pecalang

GIANYAR, NusaBali - Polres Gianyar selama 7 tahun absen menggelar Jambore Pecalang.

Tahun ini, Polres Gianyar kembali melaksanakan Jambore Pecalang untuk memeriahkan HUT ke-77 Bhayangkara di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Mapolres Gianyar, Sabtu (25/6) malam. Kapolres Gianyar, AKBP Ketut Widiada menjelaskan, Jambore Pecalang terakhir diselenggarakan pada tahun 2016. “Setelah tujuh tahun vakum, kami selenggarakan lagi,” ujar AKBP Widiada. 

Jambore Pecalang tahun ini diikuti 7 kelompok pecalang dari perwakilan 7 kecamatan di Kabupaten Gianyar. “Setiap kelompok ada sebelas orang anggota pecalang. Total ada 77 pecalang sebagai wujud Hari Bhayangkara ke-77,” kata AKBP Widiada. Para pecalang menampilkan gerakan-gerakan dasar pengaturan lalu lintas, pengetahuan tentang desa adat, hingga SOP penanganan permasalahan hukum di desa adat dan melakukan koordinasi dengan kepolisian. Kelompok pecalang yang dengan nilai tertinggi mendapatkan piala bergilir. 

Hasil dari penilaian, kelompok pecalang perwakilan Kecamatan Sukawati memenangkan piala bergilir. Sebelumnya di tahun 2016 juga memperoleh gelar juara pertama. Disusul kelompok pecalang dari Kecamatan Gianyar di posisi kedua dan Kecamatan Payangan di posisi ke tiga. 7 nvi

Komentar