nusabali

Peran Putin di Balik Kemenangan Rusia

  • www.nusabali.com-peran-putin-di-balik-kemenangan-rusia

Presiden Vladimir Putin menjadi figur dibalik sukses Russia saat mengalahkan Selandia Baru 2-0, di laga pembuka Piala Konfederasi 2017, di Saint Petersburg Stadium, Sabtu (17/6/2017)..  

ST. PETERSBERG, NusaBali
Rusia merebut tiga poin perdana dengan mengalahkan Selandia Baru 2-0 Gol bunuh diri Michael Boxall dan sontekan Fedor Smolov memenangkan Tim Beruang Merah.

Pelatih timnas Rusia Stanislas Chercheso menilai anak asuhnya bermain bagus lantaran terlecut kata-kata Presiden Putin saat berpidato di upacara pembuka. Putin yang kemudian menyaksikan pertandingan bersama Presiden FIFA Gianni Infantino di tribun khusus juga terlihat bersorak senang saat gol Rusia tercipta yang dibuat Smolov.

Kemenangan ini membuat Rusia untuk sementara memuncaki klasemen Grup A dengan tiga poin. Selanjutnya, Rusia akan menghadapi Portugal di laga kedua pada Rabu (21/6).  "Saya yakin kalau tim ini akan tetap melakukan hal yang sama ketika menghadapi Portugal," kata Cherchesov.

Kemenangan Rusia itu seolah untuk merebut kembali hati suporternya. Apalagi Piala Dunia 2018 digelar di negara mereka sendiri. Sebelumnya Rusia kehilangan optimisme dari para pendukungnya setelah gagal total di Piala Eropa 2016. 

Rusia tersingkir di fase grup setelah jadi juru kunci tanpa mencatat satu pun kemenangan. Dalam perjalanannya, Rusia hanya bermain imbang melawan Inggris, dikalahkan Slovakia dan Wales. Namun kesempatan itu mengubah pandangan publik muncul saat Rusia menjadi tuan rumah Piala Konfederasi. Tuntutan publik agar Rusia bisa bermain apik diharapkan bisa dipenuhi.

"Saya kira tidak ada tuntutan yang besar saat ini di kalangan masyarakat, jadi mungkin itu bagus kalau tidak ada tekanan yang terlalu banyak untuk kami," ucap striker Rusia Fedor Smolov. *

Komentar