nusabali

Denpasar Borong Juara I Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Bali

Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan Wakili Bali ke Nasional

  • www.nusabali.com-denpasar-borong-juara-i-lomba-desa-dan-kelurahan-tingkat-provinsi-bali

DENPASAR, NusaBali - Perwakilan Kota Denpasar pada ajang Lomba Desa dan Kelurahan yakni Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan, Kecamatan Denpasar Barat sukses menyabet Juara I Tingkat Provinsi Bali.

Keberhasilan dua wakil Denpasar tersebut tertuang dalam Surat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Capil Provinsi Bali Nomor  B.28.410/7031/I/DPMD DUKCAPIL tentang Pengumuman Pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2023. 

Keduanya mendapatkan hadiah berupa piala, piagam penghargaan, dan uang tunai. Desa Tegal Harum menjadi yang terbaik kategori. Sedangkan juara II diraih Desa Gubug, Kecamatan/Kabupaten Tabanan, dan juara III diraih Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. 

Kelurahan Pemecutan juga menjadi yang terbaik kategori kelurahan dan meraih peringkat I. Sedangkan juara II diraih Kelurahan Padangkerta, Kecamatan/Kabupaten Karangasem dan juara III diraih Kelurahan Semarapura Kauh, Kecamatan/Klungkung.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Denpasar I Wayan Buda didampingi Camat Denpasar Barat IB Purwanasara,  mengatakan keberhasilan dua wakil Denpasar pada ajang Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Bali ini tidak lepas dari komitmen Walikota IGN Jaya Negara dan Wakil Walikota Kadek Agus Arya Wibawa bersama perbekel/lurah dan OPD terkait  dalam meningkatkan standarisasi pelayanan pada jenjang pemerintahan desa/kelurahan. Tak hanya pelayanan, kemanfaatan dan ketertiban administrasi juga patut diberikan apresiasi. Hal ini karena desa/kelurahan merupakan garda terdepan pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

“Kita Juara I Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan. Keduanya juara I. Ini merupakan bukti bahwa komitmen meningkatkan pelayanan bagi masyarakat mendapat pengakuan dan apresiasi dari Pemprov Bali,” kata Buda.

Purwanasara menambahkan bahwa desa dan kelurahan yang berhasil menjadi juara tingkat provinsi ini nantinya akan maju ke tingkat nasional. Dikatakannya, Desa Tegal Harum dan Kelurahan Pemecutan merupakan desa dan kelurahan yang dinilai tertib secara administrasi pemerintahan. Selain itu, keduanya juga mempunyai inovasi dalam mengelola potensi desa. Sehingga secara langsung memberikan kemanfaatan dan dirasakan oleh masyarakat. 

Perbekel Tegal Harum I Komang Adi Widiantara menyampaikan syukur dan mendedikasikan keberhasilan ini untuk seluruh masyarakat Desa Tegal Harum dan Kota Denpasar pada umumnya. Menurutnya keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja sama dan dukungan warga Desa Tegal Harum, BPD, LPM, PKK, perangkat, staf, serta stakeholder terkait lainnya dalam mengimplementasikan program-program inovasi desa.

Dikatakannya, terpilihnya Desa Tegal Harum mewakili Provinsi Bali, menjadi bukti nyata bahwa potensi, inovasi, dan terobosan-terobosan dinilai layak untuk bersaing dengan desa-desa lain di tingkat regional Jawa-Bali.

“Harapannya tentu Desa Tegal Harum menjadi juara di tingkat regional,” ujar Adi Widiantara. 

Ke depan, Adi Widiantara mengatakan, keberhasilan ini menjadi cambuk sekaligus semangat untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Sehingga ke depannya dapat dirasakan kemanfaatannya bagi masyarakat. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, sehingga Desa Tegal Harum dapat menjadi juara I. Ini akan menjadi cambuk untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” ujarnya. @ mis

Komentar