nusabali

Ronaldo Masuk Guinness World of Records, Portugal Kalahkan Islandia

  • www.nusabali.com-ronaldo-masuk-guinness-world-of-records-portugal-kalahkan-islandia

REYKJAVIK, NusaBali.com - Cristiano Ronaldo mencatatkan penampilan ke-200 bersama Timnas Portugal saat menang 1-0 atas Islandia pada laga kualifikasi Piala Eropa 2024 di Laugardalsvollur pada Rabu (21/6/2023) dini hari WITA. Rekor penampilan itu pun membuatnya masuk dalam Guinness Book of World Records.

Piagam penghargaan dari Guinness Book of Record itu diberikan kepada Ronaldo sebelum sepak mula. Kapten timnas Portugal tersebut memecahkan rekor selama 19 tahun 304 hari sejak debut bersama negaranya.

Tak hanya mencatatkan laga ke-200, Ronaldo juga mencetak gol kemenangan bagi Portugal di pertandingan tersebut jelang waktu normal habis.

"Saya sangat bahagia, ini satu momen yang Anda tidak menyangka untuk meraih 200 penampilan. Bagi saya ini pencapaian yang sulit dipercaya," kata Ronaldo dalam wawancara bersama UEFA TV.

"Untuk berada di dalam Guinness Book of World Records itu luar biasa, tentu saja bisa mencetak gol membuatnya menjadi lebih spesial," tambahnya.

"Saya berterima kasih kepada Islandia, masyarakat, fans yang berada di stadion atas penghargaan yang dibuat untuk saya. Juga untuk Timnas Portugal, federasi. Saya amat bahagia, ini hari yang spesial dan saya mengucapkan terima kasih untuk semuanya."

Selain jumlah penampilannya yang fantastis, Ronaldo kini sudah mencatatkan 123 gol bersama Portugal. Penyerang Al Nassr itu telah mempersembahkan trofi Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League untuk negaranya.

Dalam laga ini Islandia harus main dengan 10 orang pada menit ke-80 setelah Willum Thor Willumsson mendapatkan kartu kuning kedua karena melanggar Goncalo Inacio.

Ronaldo berhasil mencetak gol pada menit ke-88 untuk membawa Portugal memimpin 1-0. Gol itu sempat dianulir karena Inacio dianggap dalam posisi offside saat memberikan umpan ke Ronaldo, tetapi akhirnya sah setelah ditinjau ulang lewat VAR.

Portugal pulang membawa pulang tiga poin dari kandang Islandia untuk memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Grup J dengan 12 poin. Anak-anak asuh Roberto Martinez itu unggul dua angka dari Slovakia di urutan kedua.

Posisi ketiga ditempati Luksemburg dengan tujuh poin. Bosnia-Herzegovina berada di urutan keempat dengan tiga poin, Islandia kelima dengan tiga poin, dan Liechtenstein di dasar klasemen dengan nirpoin. *ant

Komentar