nusabali

Revitalisasi Pasar Tabanan Masuk Konsultasi Publik

  • www.nusabali.com-revitalisasi-pasar-tabanan-masuk-konsultasi-publik

TABANAN, NusaBali - Rencana Pemkab Tabanan merevitalisasi Pasar Tabanan terus berproses.

Terbaru bakal dilakukan konsultasi publik di Kantor Bupati Tabanan pada selasa (20/6) ini. Konsultasi publik ini pun akan mendatangkan perwakilan pedagang. 

Seizin Bupati Tabanan, Kepala Bapelitbang (Badan Penelitian dan Pembangunan) Tabanan I Gede Urip Gunawan mengatakan revitalisasi Pasar Tabanan memasuki tahap uji publik. “Sesuai jadwal dilakukan konsultasi publik Selasa siang sekitar pukul 13.00 di Kantor Bupati Tabanan," ujar Urip Gunawan, Senin (19/6). 

Hanya saja dia belum bisa merinci secara detail karena konsultasi publik baru dilakukan Selasa besok. Namun disebutkan konsultasi publik ini akan mendatangkan 10 orang perwakilan dari Pasar Tabanan. Serta melibatkan Bappenas dalam hal merancang pembangunan. "Konsolidasi publik besok, biar Pak Bupati yang nanti menjelaskan," katanya. 

Sebelumnya Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menyebutkan revitalisasi Pasar Tabanan atau yang bakal disebut Pasar Gadarata ditarget dibangun tahun 2024. Konsep pembangunan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. 

Dan berdasarkan data dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian tahun 2022 mencatat untuk pasar yang sudah mendapat program revitalisasi yang bersumber dari alokasi TP APBN adalah Pasar Rakyat Kediri (bagian belakang) yang didapat pada tahun 2018. Kemudian Pasar Rakyat Baturiti pada tahun 2019, Pasar Rakyat Pupuan pada tahun 2020, dan terbaru adalah Pasar Rakyat Penatahan. Selain itu revitalisasi pasar juga didapat dari alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) menyasar Pasar Rakyat Penebel, Pasar Rakyat Marga, dan Pasar Rakyat Kediri (bagian depan). 7des

Komentar