nusabali

Gede Dana Target 3 Srikandi PDIP Lolos ke DPRD Karangasem

  • www.nusabali.com-gede-dana-target-3-srikandi-pdip-lolos-ke-dprd-karangasem

AMLAPURA, NusaBali - Ketua DPC PDIP Karangasem yang juga Bupati Karangasem I Gede Dana memasang target 3 Srikandi bakal calon legislatif di Pemilu 2024, memenangkan kursi DPRD Karangasem. Ketiga bacaleg itu salah satunya adalah incumbent atas nama Ni Kadek Sri Dewi Wahyuni, dari Daerah Pemilihan Karangasem VI (Kecamatan Abang).

Dua Srikandi lainnya, Ni Kadek Yunita Sinta Dewi yang merupakan putri kandung Bupati Karangasem juga dari Dapil Kecamatan Abang dan satu lagi, kuda hitam, Sri Winarti dari Dapil Karangasem I Kecamatan Karangasem. 

“Ketiga Srikandi itu saya target lolos ke DPRD Karangasem, dari target minimal 22 kursi dari 45 kursi diperebutkan di Pemilu Legislatif 2024,” kata Gede Dana, di Amlapura, Sabtu (17/6).

Ketiga Srikandi DPIP Karangasem yang merupakan kader potensial itu telah melalui seleksi ketat. Jika target itu tercapai, nanti PDIP Karangasem mencatat rekor terbanyak meloloskan kader Srikandi sepanjang sejarah sejak pemilu multipartai tahun 1999.

Incumbent Ni Kadek Sri Dewi Wahyuni yang akrab dipanggil Sri Dewi, menjadi anggota DPRD dengan 1.975 suara. Dia menjadi anggota dewan sebagai PAW (pengganti antar waktu) menggantikan I Gede Dana, sehubungan yang bersangkutan mundur, karena jadi calon Bupati Karangasem pada Pilkada Karangasem 2020.

“Di Pemilu Legislatif 2024 nanti, tentu saja raihan dukungan saya lebih dari 1.975 suara. Targetnya 3.500 suara, untuk mempertahankan kursi DPRD,” ucap Sri Dewi, anggota DPRD Karangasem asal Banjar Baturinggit Kelod, Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, tetapi menikah ke Kecamatan Abang.

Walau persaingannya di Dapil Kecamatan Abang, menurut Wakil Ketua DPC PDIP Karangasem Bidang Pemberdayaan Perempuan, ini sangat ketat, tetapi tidak membuatnya gentar. Di Dapil Kecamatan Abang ada tiga incumbent, di samping itu ada putri kandung Bupati Karangasem, Ni Kadek Yunita Sinta Dewi.

“Kita bersaing sehat, sebab di puncak pemilu, suara rakyat yang menentukan,” kata Sri Dewi.

Sementara, Sri Winarti juga mengaku optimistis bisa memenangkan kursi DPRD Karangasem dari Dapil Kecamatan Karangasem. “Sekarang saatnya saya memenangkan kursi DPRD Karangasem. Sebelumnya di Pemilu Legislatif 2019, kurang beruntung,” ujar Wakil Bendahara DPC PDIP Karangasem sejak 2006, ini.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Dwijendra Denpasar 2012 ini masih tercatat sebagai anggota Tim Ahli Bupati Karangasem sejak 2021. Namun dia telah mengajukan pengunduran diri, dan berkasnya masih dalam proses, sehubungan namanya masuk bursa daftar calon sementara.  

Sedangkan putri kandung Bupati Karangasem, Ni Kadek Yunita Sinta Dewi masuk dalam daftar calon legislatif di Pemilu Legislatif 2024, karena termotivasi ayahnya, I Gede Dana. Paling tidak, katanya, dukungan sang ayah di Pemilu Legislatif 2019, sangat berpengaruh. 

“Itu berarti dari Dapil Kecamatan Abang, nantinya PDIP Karangasem memenangkan 2 kursi DPRD Karangasem dari kalangan Srikandi,” ucap politisi PDIP kelahiran 17 Juli 1995, yang tinggal di Lingkungan Dukuh, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem.

Di Pemilu Legislatif 2019, PDIP memenangkan 12 kursi namun hanya memunculkan satu Srikandi atas nama Ni Kadek Sri Dewi Wahyuni. 7 k16

Komentar