nusabali

Komitmen Berbagi, Rai Wahyuni Sanjaya Kembali Menyapa Warga Pupuan

  • www.nusabali.com-komitmen-berbagi-rai-wahyuni-sanjaya-kembali-menyapa-warga-pupuan

TABANAN, NusaBali - Ketua PKK Kabupaten Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya kembali melakukan aksi sosial pada Jumat (16/6). Kegiatan yang dilaksanakan di GOR Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan ini membantu kader PKK, ibu hamil, lansia hingga balita.

Bahkan menariknya, tak sekadar memberikan bantuan, kesempatan itu juga dijadikan ajang untuk mensosialiasikan program pokok PKK. Ada 3 hal yang menjadi fokus perhatian dalam 10 program pokok PKK yang patut mendapat atensi khusus diantaranya program Aku Hatinya PKK, sosialisasi terkait sampah dan penekanan angka stunting di Tabanan. 

Sementara bantuan yang diberikan kepada masyarakat Pupuan diantaranya berupa kebutuhan pokok seperti beras, telur, susu serta kebutuhan pokok lainnya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan anak-anak. Jumlah penerima manfaat aksi sosial ini adalah kader PKK sebanyak 140 orang, balita 25 orang, lansia 25 orang dan ibu hamil 20 orang. 

Rai Wahyuni melalui arahannya, menyampaikan bahwa kunjungannya tak lepas dari kerinduan yang dirasakannya kepada masyarakat Pupuan. 

Kesempatan bertatap muka ini juga menjadi kesempatan untuk berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan. Dia mengakui, program yang telah berlangsung semenjak masa pandemi Covid-19 hingga saat ini, dirasa mampu memberikan manfaat bagi masyarakat, meskipun tidak banyak, namun perhatian pemerintah sangat bisa dirasakan. 


“Kedatangan saya hari ini adalah untuk mengobati kerinduan dan meskipun dengan bantuan ini nanti, sudah pasti tidak bisa menjangkau seluruhnya, tapi nanti saya akan bertahap membantu, mungkin tahun depan program ini akan terus saya lanjutkan agar bisa terus membantu masyarakat," jelasnya. 

Srikandi nomor 1 di Tabanan itu juga menjelaskan, bahwa kehadirannya tak hanya berfokus dalam memberikan bantuan saja, namun sekaligus untuk bersosialisasi terhadap program PKK. "Penjabaran program pokok PKK adalah tugas kita bersama. Program yang disosialisasikan diantaranya Hatinya PKK, apalagi setelah Covid ini, paling tidak kalau kita laksanakan terus, kita bisa membantu menekan pengeluaran keluarga," katanya. 

Dalam kesempatan itu dia juga mengingatkan bantuan dari Provinsi Bali kepada masyarakat seperti bibit sayuran dan hewan ternak agar dapat dipantau dan dikontrol pemeliharannya, sehingga bisa memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Begitupun pengelolaan sampah rumah tangga dengan metode eco-enzyme yang sejatinya dapat dipelajari dan diterapkan dengan segera. 

“Terkait dengan masalah stunting, itu menjadi fokus pekerjaan kita, fokus ke tiga pekerjaan itu dulu, terutama yang saya harapkan masalah stunting ini, bagaimana agar nanti di Kabupaten Tabanan stunting itu bisa kita tekan lagi, sudah ada penurunan, artinya pekerjaan ibu-ibu semua sukses. Cuma perlu ditingkatkan lagi. Kita ajak juga dari Posyandu, rutin berjalan ke sini setiap bulan, bersama-sama kita sosialisasikan permasalahan stunting ini," tegasnya. 

Kedatangan Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan saat itu mendapat sambutan yang hangat dan antusias dari warga Desa Batungsel, Kecamatan Pupuan. Dwi Wahani Wirawan selaku ketua TP PKK Kecamatan Pupuan juga ungkapkan terima kasihnya atas perkenan Ibu Bupati datang serta memberikan bantuan untuk masyarakat. “Kami ucapkan selamat datang dan matur suksema, kepada Ibu Ketua TP PKK Kabupaten yang telah berkenan hadir di tengah-tengah kami," akunya. @des 

Komentar