nusabali

Meriahkan Bulan Bung Karno, Kesbangpol Gelar Lomba Pidato

  • www.nusabali.com-meriahkan-bulan-bung-karno-kesbangpol-gelar-lomba-pidato

GIANYAR, NusaBali - Memeriahkan Bulan Bung Karno, Pemkab Gianyar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar lomba pidato tingkat SMP se-Kabupaten Gianyar dengan tema Implementasi Karakter Pelajar Pancasila untuk Menjaga Kedaulatan Maritim. 

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat I Ketut Mudana mengatakan, lomba ini untuk mengenang, menghormati, dan memuliakan jasa-jasa dan ajaran Bung Karno sebagai Bapak Pendiri Bangsa yang telah merumuskan Dasar Negara.

“Kita patut bersyukur punya Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa yang digali oleh Bung Karno. Dengan dasar negara Pancasila, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak optimis,” ungkap Mudana di Balai Budaya Gianyar, Jumat (16/6).

Mudana menegaskan, harus optimis menyongsong masa depan, harus percaya diri bisa mengatasi semua permasalahan dalam menuju kemajuan,” jelas Mudana. Lomba pidato merupakan salah satu momentum membumikan kembali Pancasila serta sejarah perjuangan Bung Karno kepada generasi muda penerus bangsa. “Khusus pada perkembangan globalisasi saat ini, saya berpesan kepada generasi muda untuk selalu tetap mengenang dan melanjutkan perjuangan kemerdekaan dengan berkarya dan berbuat positif untuk kemajuan bangsa,” pinta Mudana.

Senada dengan Mudana, Ketua Panitia I Dewa Gede Putra Amarta mengungkapkan, tujuan lomba untuk menggali potensi dan meningkatkan karya-karya nyata para siswa. Disamping itu, untuk memeriahkan Bulan Bakti Bung Karno dan menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila di kalangan siswa-siswi serta mengenang kembali jasa Bung Karno dalam menggali nilai-nilai luhur Pancasila.

Salah satu juri, Ni Nyoman Triadi Adnyani mengatakan, peserta diberi batasan waktu maksimal 8 menit dengan kriteria penilaian seperti isi dari pidato yang sesuai tema, penghayatan, vokal, serta penampilan dan kreativitas peserta. “Kreativitas yang dimaksud bagaimana peserta bisa menyampaikan tema kepada pendengar,” ujar Triadi Adnyani. Mang Tri sapaan akrabnya mengharapkan para peserta dan generasi muda berani tampil di depan umum dengan menyampaikan topik tertentu. 7 nvi

Komentar