nusabali

Gelar Pangan Lokal di RTH Bung Karno

Promo Produk Olahan Lokal

  • www.nusabali.com-gelar-pangan-lokal-di-rth-bung-karno

Masyarakat diharapkan lebih mengkonsumsi pangan lokal yang beragam, bergizi, seimbang dan aman.

SINGARAJA, NusaBali
Ribuan pegawai lingkup Pemkab Buleleng dan masyarakat memadati RTH Bung Karno Kelurahan/Kecamatan Sukasada, Jumat (16/6). Dalam hitungan tidak lebih dari 3 jam, ratusan produk olahan pangan dan produk pertanian lokal Buleleng ludes. Gelar Pangan Lokal ini khusus dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng serangkaian peringatan Bulan Bung Karno V.

Berbagai macam produk olahan pangan dihadirkan kelompok-kelompok wanita tani, maupun pelaku industri rumah tangga. Mulai dari berbagai jenis keripik, kerupuk, abon, bawang goreng, serbuk minuman sehat, jus sehat, jamu, termasuk olahan makanan siap santap. Selain itu juga ada beberapa produk pertanian Buleleng mulai dari sayur mayur, buah-buahan termasuk bumbu dapur.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DKPP Buleleng Anak Agung Sagung Bulan mengatakan, Gelar Pangan Lokal merupakan  kegiatan rutin untuk memperkenalkan produk dan olahan pangan Buleleng.


Dalam kesempatan ini, pelaku-pelaku usaha memiliki kesempatan untuk mempromosikan produk pangan. Mulai dari pangan segar kebutuhan pokok hingga olahan pangan kemasan lainnya. DKPP Buleleng pun bersinergi dengan sejumlah OPD di lingkup Pemkab Buleleng, Bulog, BPD, perusahaan daerah dan juga Polres Buleleng.

Menurutnya yang juga penting dalam kegiatan ini juga sebagai upaya mengedukasi masyarakat untuk lebih mengkonsumsi pangan lokal sesuai arahan dari Badan Pangan Nasional. Masyarakat luas disarankan senantiasa mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

“Dari segi keragaman pangan Buleleng sudah sangat lengkap. Sekarang tinggal disesuaikan kandungan gizi untuk dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh kita,” ucap Sagung Bulan.

Upaya menggelorakan konsumsi olahan pangan lokal juga dilakukan DKPP Buleleng dengan berbagai kegiatan lain. Seperti kegiatan gemar makan ikan dan juga pasar rakyat. 7k23

Komentar