nusabali

Kebakaran Kabel PLN Hebohkan Warga Pendem

  • www.nusabali.com-kebakaran-kabel-pln-hebohkan-warga-pendem

NEGARA, NusaBali - Warga di Jalan Jalak Putih, Lingkungan/Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Jembrana, dihebohkan peristiwa kebakaran jaringan kabel PLN, Senin (12/6) pagi.

Kebakaran di wilayah padat penduduk itu juga sempat membuat warga panik. Pasalnya warga khawatir api menjalar ke sepanjang jaringan di atas rumah warga.

Dari informasi, kebakaran kabel listrik itu terjadi pada sekitar pukul 09.00 Wita. Sesaat sebelum kejadian, warga sempat mendengar suara ledakan dari tiang listrik tersebut. Setelah dicek, warga kaget melihat api yang membakar kabel dekat tiang listrik. Terlebih posisi kabel yang terbakar itu pun tepat berada di atas bangunan kanopi rumah toko (ruko) rumah warga. 

Melihat hal tersebut, warga langsung melapor ke pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Jembrana. Petugas yang turun dengan menerjunkan lima unit mobil Damkar, tidak bisa langsung memadamkan api dengan air. Namun petugas menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), dan api berhasil dipadamkan pada sekitar pukul 09.20 Wita.

Kasatpol PP Jembrana I Made Leo Agus Jaya mengatakan, tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa kebakaran tersebut. Kebakaran jaringan kabel PLN itu, sudah bisa langsung tertangani dengan menghabiskan 1 tabung APAR. "Api sudah bisa langsung dilokalisir. Tidak sampai meluas ataupun merembet ke bangunan rumah warga," ujarnya.

Penyebab kebakaran kabel listrik itu, diduga terjadi karena arus pendek atau korsleting. Dari pihak PLN juga memperkirakan umur kabel sudah lama dan ada kelebihan beban sehingga terjadi percikan api yang akhirnya membakar kabel di dekat tiang listrik tersebut. "Setelah api berhasil dipadamkan, dari petugas PLN juga sudah turun melakukan penanganan," ucap Leo. 7ode

Komentar