nusabali

Wawali Paparkan Implementasi Program Kota Cerdas di Surabaya

  • www.nusabali.com-wawali-paparkan-implementasi-program-kota-cerdas-di-surabaya

DENPASAR, NusaBali - Pemerintah Kota Denpasar mengikuti Evaluasi dan Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap I yang dilaksanakan oleh Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, serta Kementerian PAN dan RB, Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (12/6).

Di acara tersebut, Wakil Walikota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Kadis Kominfo Denpasar IB Alit Adhimerta, Kepala Bappeda Denpasar I Putu Wisnu Wijaya Kusuma, memaparkan implementasi program smart city Kota Denpasar dalam berbagai bidang pembangunan dan pelayanan publik. Acara tersebut juga dihadiri 191 kabupaten/kota yang terpilih pada periode 2017–2022 dan wajib melaporkan hasil Monitoring dan Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City). 

Wawali Arya Wibawa dalam paparannya mengatakan berbagai strategi dan inovasi telah dilakukan Pemkot Denpasar dalam mewujudkan Denpasar Smart City atau Kota Cerdas, dengan berbagai program unggulan di setiap dimensi smart city yang terdiri dari Smart Governance, Smart Living, Smart Branding, Smart Society, Smart Economy, dan Smart Environment.

Dikatakannya dalam rangka implementasi smart city, pihaknya menyadari sepenuhnya Kota Denpasar sebagai ibukota Provinsi Bali dan pusat perekonomian memiliki beberapa permasalahan seperti sampah, LPJU, dan penyediaan air bersih. “Guna mengantisipasi permasalahan tersebut telah dilakukan beberapa upaya penanganan seperti pembangunan TPST, penataan LPJU, dan pengelolaan air bersih dengan menggunakan skema KPBU serta pengembangan lainnya,” ujar Wawali Arya Wibawa.

“Semua hal tersebut tidak akan bisa tercapai tanpa dukungan dari semua pihak yang saling bersinergi dan berkolaborasi. Dengan spirit vasudhaiva kutumbakam, yang berarti semangat kebersamaan dan bergotong royong, semoga sinergi dan kolaborasi yang selama ini telah terjalin dengan sangat baik ini dapat terus berlanjut demi mewujudkan cita-cita bersama, yakni membangun kota kreatif berbasis budaya menuju Denpasar maju,” kata Wawali Arya Wibawa. 7 bin

Komentar