nusabali

Sumiati ke DPRD Bali Melalui Dapil Badung

  • www.nusabali.com-sumiati-ke-dprd-bali-melalui-dapil-badung

AMLAPURA, NusaBali - Mantan anggota DPRD Bali dari Daerah Pemilihan (Dapil) Karangasem, Ni Made Sumiati, pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang maju sebagai bakal calon anggota legislatif melalui Dapil Badung.

Pertimbangannya lantaran Srikandi PDI Perjuangan ini telah lama menetap di Badung, dan belum pernah ada perempuan dari partai banteng moncong putih menjadi anggota DPRD Bali dari Dapil Badung. 

“Saya resmi jadi warga Kabupaten Badung sejak 2016, ber-KTP Badung, berdomisili di Badung, dan berkarier di Badung,” kata Made Sumiati, di Amlapura, Sabtu (10/6).

Mantan anggota DPRD Bali 2014–2015, di-PAW (pengganti antar waktu) karena Ni Made Sumiati maju sebagai calon Wakil Bupati Karangasem di Pilkada Karangasem 2015, berpasangan dengan I Wayan Sudirta.

Setelah tidak beruntung sebagai Wakil Bupati Karangasem karena kalah dari pasangan I Gusti Ayu Mas Sumatri dan I Wayan Artha Dipa, Made Sumiati berkarier di Badung sebagai advokat, juga aktif di PDIP.

Made Sumiati menuturkan, dirinya sebagai bakal calon anggota legislatif dari Dapil Badung untuk DPRD Bali, lantaran termotivasi Ketua DPC PDIP Badung yang juga Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, dan dapat dukungan dari Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster.

Bukan itu saja, dukungannya juga datang dari Ketua DPC DIP Karangasem yang juga Bupati Karangasem I Gede Dana.

“Dukungan melalui garis partai telah lengkap, makanya saya siap maju ke DPRD Bali melalui Dapil Badung,” ucap mantan aktivis FKMK (Forum Komunikasi Masyarakat Karangasem) 2000–2005, yang juga mantan anggota KPU Karangasem 2004–2009.

Ketua DPC PDIP Karangasem I Gede Dana juga membenarkan turut pendukung Ni Made Sumiati berkarier melalui Dapil Badung. “Ya, saya juga mendukung maju melalui Dapil Badung, karena dari Badung belum pernah ada anggota PDIP perempuan untuk DPRD Bali,” kata Gede Dana.

Pada Pemilu Legislatif 2014, Made Sumati lolos menjadi anggota DPRD Bali dari Dapil Karangasem, bersama Srikandi lainnya Ni Kadek Darmini.

Selanjutnya setelah Ni Made Sumiati resmi jadi Calon Wakil Bupati Karangasem di Pilkada Karangasem 2015, dia digantikan I Nyoman Oka Antara. 7 k16

Komentar