nusabali

Pemkab Nganjuk Lirik Program Unggulan Jembrana

  • www.nusabali.com-pemkab-nganjuk-lirik-program-unggulan-jembrana

NEGARA, NusaBali - Pemkab Jembrana mendapat kunjungan dari Pemkab Nganjuk, Jawa Timur, Jumat (9/6). Kehadiran rombongan dari Pemkab Nganjuk ini bertujuan mempelajari tentang program Jembrana Satu Data Dari Desa (JSDDD).

Kehadiran rombongan yang dipimpin Sekda Nganjuk Nur Solekan ini diterima oleh Sekda Jembrana I Made Budiasa di Aula Jimbarwana Kantor Bupati Jembrana. Turut serta hadir mendapingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Jembrana I Made Sudantra, dan sejumlah Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Jembrana.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Budiasa sempat memaparkan tentang manfaat JSDDD yang merupakan sistem satu data daerah yang saat ini baru ada di Kabupaten Jembrana. 

Menurutnya, JSDDD memuat seluruh data masyarakat Jembrana. Di antaranya meliputi data kependudukan dan sosial-ekonomi sehingga dapat disaring untuk memperoleh data yang dibutuhkan.

"Ini sangat bermanfaat dalam menyusun kebijakan baik di bidang pembangunan maupun pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah Kabupaten Jembrana PAD (Pendapatan Asli Daerah) kecil. Meski PAD kami kecil, kami tetap semangat berusaha memajukan masyarakat Jembrana dengan mengoptimalkan pemanfaatan potensi-potensi yang ada," ujar Sekda Budiasa.

Sementara Sekda Nganjuk Nur Solekan menyampaikan, Pemkab Nganjuk merasa sangat terkesan akan keberadaan JSDDD ini. Menurutnya, kunjungan langsung ke Jembrana ini pun menjadi tindak lanjut setelah sempat melakukan komunikasi awal melalui forum diskusi melalui zoom meeting pada Februari lalu.

"Hari ini untuk tinjau lapangan. Dan kita harus banyak belajar dari Kabupaten Jembrana terkait dengan program satu data dari desa ini," ucap Sekda Nur Solekan.

Setelah kunker ini, Sekda Nur Solekan berharap program satu data dari desa yang ada di Jembrana ini, nantinya bisa diaplikasikan di daerahnya. Mengingat program satu data dari desa ini dinilai sangat penting dalam membuat perencanaan program-program pembangunan untuk kemajuan daerah maupun desa/kelurahan. 7ode

Komentar