nusabali

Pembangunan Kantor Desa Tamanbali Dilanjutkan

  • www.nusabali.com-pembangunan-kantor-desa-tamanbali-dilanjutkan

BANGLI, NusaBali - Pembangunan Kantor Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli dimulai sejak tahun 2019. Namun pembangunan ini sempat terhenti beberapa tahun karena pandemi Covid-19. Kini dilanjutkan lagi.

Perbekel Tamanbali I Nyoman Suargita menjelaskan pembanguan kantor desa itu dimulai sejak tahun 2019. Pada awal pengerjaan berupa, kegiatan struktur bangunan dan tembok. Kemudian pada tahun 2020 direncanakan untuk kelanjutan pembangunan gedung tersebut.

Akan tetapi, akibat pandemic Covid yang berimbas dilakukan refocusing anggaran maka  pembanguan kantor desa tertunda. "Bangunan berupa bangunan dua  lantai. Pada pelaksanaan memang sempat tertunda. Begitupula tahun 2021 pembangunan tidak bisa berjalan karena dana ADD yang diterima jumlahnya turun dari tahun sebelumnya," jelasnya Selasa (6/6).

Lebih lanjut, untuk kegiatan pembanguan kantor dialokasikan anggaran Rp 449 juta lebih yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2023. Kata Suargita, kegiatan tahun ini meliputi pemasangan kusen dan pintu, membuat tembok, pasang plafon serta pengecatan juta. Sedangkan untuk pengambilan pekerjaan dilakukan secara swakelola.

Diakui, bangunan belum tuntas tahun ini, melainkan tahun depan. Untuk bangunan lantai 1 pengerjaannya sampai finishing. Sedangkan untuk lantai II difungsikan untuk ruang pertemuan akan dilanjutkan tahun depan. "Kegiatan sudah berjalan dan paling lambat harus sudah tuntas akhir bulan Juni atau awal bulan Juli 2023. Sisa akan dilanjutkan kembali tahun depan," ungkapnya.

Sementara itu, selama gedung kantor dibangun, kegiatan pelayanan Kantor Desa Tamanbali memanfaatkan perpustakaan desa yang kondisi gedungnya juga terbatas.7esa

Komentar