nusabali

Bupati Suwirta Buka Pameran Keris di Museum Semarajaya

Perayaan Tumpek Landep dengan Upacara Jana Kerthi

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-buka-pameran-keris-di-museum-semarajaya
  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-buka-pameran-keris-di-museum-semarajaya
  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-buka-pameran-keris-di-museum-semarajaya

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung menggelar pameran keris dan pusaka tradisional Bali di Museum Semarajaya, Kota Semarapura, Klungkung. Pameran dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klungkung, Jumat (2/6). 

Pameran ini sesuai Instruksi Gubernur Bali No 05 Tahun 2023 tentang perayaan Tumpek Landep dengan upacara Jana Kerthi pada Saniscara Kliwon Landep, Sabtu (3/6). 

Bupati Suwirta mengatakan, Tumpek Landep dengan upacara Jana Kerthi sebagai pelaksanaan tata titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru. Tumpek Landep sebagai pelaksanaan tata titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi secara niskala maupun sekala. Bupati Suwirta berharap, pameran keris dan benda pusaka ini bisa mencerminkan serta meruncingkan pikiran agar bermanfaat bagi masyarakat. 


Harapannya, pameran ini bisa memperbanyak inovasi-inovasi keris dan memperkaya koleksi keris sebagai senjata dan benda yang disakralkan. Bupati Suwirta mengajak masyarakat Klungkung yang ingin melihat koleksi keris untuk datang ke Museum Semarajaya. 

“Ayo masyarakat yang ingin melihat koleksi keris silakan datang ke Museum Semarajaya,” ajak Bupati Suwirta. Selain itu, juga diisi penyerahan penghargaan Seni Smara Langottama kepada seniman drama gong I Wayan Tembau Kariasa, seniman tari I Ketut Sumantra, dan kepada sastawan Ketut Dapet Sujasa dan I Made Subitra. 7 wan

Komentar