nusabali

Lansia Kuta Utara Lomba Masanti, Gemakan 'Lunamaya'

  • www.nusabali.com-lansia-kuta-utara-lomba-masanti-gemakan-lunamaya

MANGUPURA, NusaBali.com - Kelompok lanjut usia (lansia) di Kecamatan Kuta Utara yang tergabung dalam Wredha Priyamitra menggelar lomba masanti menggemakan semangat 'Lunamaya' pada Minggu (28/5/2023) pagi.

Lomba masanti serangkaian Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-27 Kabupaten Badung ini berlangsung di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Badung di Kelurahan Kerobokan Kaja.

Ketua Panitia Lomba Masanti Ketut Oka Sudana menjelaskan kegiatan masanti ini sebagai bentuk kepedulian kalangan uzur di Kuta Utara terhadap kearifan lokal khususnya seni olah vokal tradisional.

Dari kepedulian terhadap kearifan lokal ini, Oka menyebut para kaum wreda mengusung semangat 'Lunamaya'. Semangat dan semboyan ini disebut menjadi fondasi kegiatan-kegiatan Wredha Priyamitra.

"Lomba masanti ini bertujuan untuk menciptakan Lanjut Usia Namun Aktif, Mandiri, dan Berdaya Guna. Kalau disingkat menjadi Lunamaya," jelas Oka menuturkan simbol semangat lansia yang berkesan jenaka.

Lanjut Oka, sebanyak 24 peserta lomba berhasil dihimpun untuk mengikuti kegiatan masanti dari enam desa/kelurahan di Kecamatan Kuta Utara. Sejumlah kalangan yang rata-rata sudah memiliki cucu bahkan cicit ini bersaing di dua nomor yakni Sekar Alit (pupuh) dan Sekar Agung (kakawin).

"Kami berharap di kegiatan kami berikutnya khususnya terkait kearifan lokal dapat terus didukung Pemkab Badung melalui Dinas Kebudayaan," ujar Oka.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa yang berkesempatan membuka acara, mengapresiasi semangat golongan tua. Menurutnya, semangat lansia menandakan citra positif angka harapan hidup di Badung.

"Saya berharap kegiatan semacam ini bisa diperbanyak. Sebagai bentuk penghormatan generasi muda kepada orang tua, apa pun kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan nanti, Pemkab Badung siap mendukung," tegas Adi Arnawa.

Lanjut birokrat asal Desa Pecatu, Kuta Selatan, kegiatan semacam ini dapat menumbuhkan pikiran yang sehat bagi kalangan lansia. Dengan demikian, secara tidak langsung mendukung kualitas harapan hidup dan taraf kesehatan masyarakat. *rat

Komentar