nusabali

Tragis, Juventus Dikurangi 10 Poin

  • www.nusabali.com-tragis-juventus-dikurangi-10-poin

Dari posisi ke-2, Juventus merosot ke posisi ke-7 klasemen Serie A  sekaligus menjauh dari zona Eropa.

EMPOLI, NusaBali
Sudah jatuh tertimpa tangga. Juventus dijatuhi hukuman pemotongan 10 poin dari klasemen Serie A pada Senin (22/5) waktu setempat. Dan pada hari yang sama, dihajar Empoli 4-1 dalam lanjutan Serie A di Stadion Carlo Castellani, Empoli.

Alhasil Juventus semakin menjaduh dari zona Liga Champion dan dengan pengurangan 10 poin langsung merosot dari posisi kedua di bawah Napoli menjadi posisi ke-7!

Poin yang sudah dikumpulkan sebanyak 69, kini menyusut menjadi 59. Apalagi di laga teranyar dibantai Empoli 4-1. 

Hukuman yang dijatuhkan Federasi Sepakbola Italia (FIGC)  ini terkait kasus aktivitas manipulasi finansial dan nilai transfer. Sanksi ini akan memperkecil peluang Juventus untuk finis lima besar dengan tiga laga tersisa. Keputusan terbaru FIGC itu membuat Lazio yang menggantikan Juve di peringkat kedua. Lazio dipastikan lolos ke fase grup Liga Champions musim depan.
 
Kini Juventus terancam tidak mendapatkan tempat untuk bermain di kompetisi Eropa musim depan. Mereka sebelumnya telah disanksi pengurangan 15 poin yang dicabut sementara pada April lalu.

Pencabutan itu dilakukan agar pengadilan banding untuk merevisi hukuman yang dijatuhkan kepada klub dan beberapa tokoh kunci, termasuk mantan wakil ketua klub Turin itu, Pavel Nedved.

Juventus mengatakan mereka ‘berhak’ untuk mengajukan banding atas keputusan terbaru ke Dewan Jaminan Olahraga.

"Sementara tidak mengabaikan urgensi, yang tidak pernah diabaikan oleh Juventus selama persidangan, ditekankan bahwa ini adalah fakta yang masih harus dievaluasi oleh hakim," kata Juventus di akun Twitter-nya.

Juventus juga terlibat dalam proses pidana atas praktik akuntansi mereka dengan 12 petinggi klub saat ini, termasuk Pavel Nedved dan Agnelli yang berpotensi akan disidang.

Empoli membuka keunggulan empat menit berselang lewat titik penalti, setelah Arkadiusz Milik melanggar Nicolo Cambiaghi. Francesco Caputo mengarahkan bola pojok kiri bawah gawang yang gagal dihentikan Wojciech Szczesny. 

Pada menit ke-21, tim tuan rumah menggandakan keunggulan. Berawal dari situasi sepak pojok yang dituntaskan Sebastian Luperto menjadi gol ke gawang Wojciech Szczesny. Kedudukan menjadi 2-0.

Juventus kebobolan gol ketika pada menit ke-47. Akpa Akpro memenangi bola lalu merangsek ke kotak penalti sebelum umpannya diselesaikan Caputo dengan tendangan lob untuk membuat Empoli unggul 3-0 atas tim tamu.

Upaya Juventus baru membuahkan hasil pada menit ke-85 lewat sepakan voli Federico Chiesa. Skor menjadi 3-1. Namun, mereka malah kembali kebobolan di masa injury time. Roberto Piccoli mendapatkan bola di dalam kotak penalti dari situasi sepak pojok dan menaklukkan Szczesny. Pertandingan berakhir dengan kemenangan Empoli 4-1 atas Juventus.7

Komentar