nusabali

Timnas Indonesia Gelar TC 6 Juni

Duo Belanda Akan Diboyong ke Jakarta

  • www.nusabali.com-timnas-indonesia-gelar-tc-6-juni

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia akan menggelar Pemusatan Latihan (TC) mulai 6 Juni 2023 untuk persiapan FIFA Matchday Bulan Juni. Lawannya adalah Palestina dan kemungkinan Argentina.

Periode FIFA Matchday Juni akan jatuh pada 12-20 Juni dimana setiap negara daoat menggelar dua kali ujicoba. Sejauh ini PSSI baru mengumumkan Palestina sebagai lawan uji tanding.

Sedangkan satu lawan lainnya Argentina yang dalam beberapa waktu terakhir disebut-sebut akan menyambangi Asia, salah satunya Indonesia. Laga kedua ini disebut akan digelar di Jakarta pada 19/20 Juni.

"Coach (Shin Tae-yong) sudah menelepon lewat Jeje (Jeong Seok seo, penerjemah Shin Tae-yong) menyampaikan nama-nama yang akan dipanggil di FIFA Matchday," kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Minggu (21/5).

Adapun laga Timnas Indonesia vs Palestina akan digelar di Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 14 Juni. Sedangkan PSSI masih malu-malu setiap kali disinggung Argentina sebagai laga uji coba kedua.

Dari Erick Thohir sampai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI menyebut belum ada kesepakatan resmi. Meski rencana ini awalnya justru diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum Zainudin Amali.

Sementara itu, PSSI memboyong dua pemain keturunan asal Belanda, Ivar Jenner dan Rafael Struick. Keduanya segera menuntaskan proses naturalisasi yang sudah di tahap akhir. Baik Jenner dan Struick tinggal melalui proses pengambilan sumpah di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk menuntaskan naturalisasi jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir akan menepati janji untuk menuntaskan naturalisasi Jenner dan Struick setelah keduanya menyelesaikan kompetisi di Belanda.

Jenner bermain di Jong Utrecht, dan Struick membela ADO Den Haag. Keduanya sama-sama berkancah di kasta kedua Liga Belanda yang baru berakhir pada Jumat (19/5). Jenner (19 tahun) bertanding 13 kali untuk Jong Utrecht dan Struick (20 tahun) dua kali bersama ADO Den Haag.

Setelah menaturalisasi Jenner dan Struick, PSSI perlu mengurus perpindahan asosiasi keduanya dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke Indonesia di FIFA. Sesudah itu, keduanya baru bisa memperkuat Timnas Indonesia. *

Komentar