nusabali

Wisata Lumba-Lumba Libatkan 4 Desa

  • www.nusabali.com-wisata-lumba-lumba-libatkan-4-desa

Empat pantai di empat desa ditetapkan sebagai entry point wisata menonton lumba-lumba. Selain memudahkan wisatawan, konsep ini untuk kesejahteraan masyarakat setempat.

SINGARAJA, NusaBali 
Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng berencana membuat entry point (titik masuk) untuk wisata melihat lumba-lumba di Pantai Lovina. Entry point ini rencananya berada di empat pantai yakni Pantai Penimbangan yang berlokasi di Desa Baktiseraga, Pantai Happy di Desa Tukadmungga, Pantai Celuk Agung di Desa Anturan dan Pantai Lovina di Desa Kalibukbuk.

Rencana itu dibahas dalam rapat koordinasi (Rakor) di Ruang Rapat Dinas Pariwisata Buleleng, Jumat (19/5). Kepala Dispar Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, rencana pembukaan entry point wisata lumba-lumba sudah didiskusikan bersama empat kepala desa dan empat kelian desa adat terkait, dari Desa Baktiseraga, Desa Tukadmungga, Desa Anturan, dan Desa Kalibukbuk.

Dody menilai entry point ini akan memudahkan wisatawan, khususnya yang datang secara rombongan. Selain itu, empat titik ini juga akan ditambah fasilitas toilet serta parkir yang luas. "Nanti wisatawan yang datang dengan bus besar akan diarahkan ke sana. Sementara yang sifatnya individu bisa masuk lewat mana saja," jelas Dody

Dalam rakor tersebut, menghasilkan kesepakatan bahwa pada keempat pantai tersebut akan membentuk pengelola yang akan mendapat pelatihan dari Dispar Buleleng mengenai manajemennya. "Pengelola di empat pantai yang dibentuk nantinya juga akan bekerja sama juga dengan Himpunan Pramuwisata sebagai jembatan untuk anggota, masyarakat, dan pemerintah," ujar Dody.

Dody menambahkan, pembentukan entry point untuk wisata lumba-lumba ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Selain juga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat  sekitar pantai.

Realisasi entry point wisata Dolpin rencana akan dilakukan pada akhir Mei 2023 ini. Kemudian pada awal bulan Juni, Tim Pemasaran Dispar Buleleng akan mempromosikan terobosan baru ini. "Untuk harga tiket belum disepakati. Nanti pengelola di empat pantai tersebut yang akan membahas lagi bersama kami. Harga tiketnya sama untuk ke empat lokasi," imbuhnya. 7mzk

Komentar