nusabali

Kari Subali Mundur dari Bacaleg NasDem, Alasan Kesehatan dan Kaderisasi di NasDem

  • www.nusabali.com-kari-subali-mundur-dari-bacaleg-nasdem-alasan-kesehatan-dan-kaderisasi-di-nasdem

Terkait mundur dari proses pencalegannya di Pemilu 2024, Kari Subali telah menyampaikan surat ke Sekretariat DPD NasDem Karangasem, Rabu (17/5).

AMLAPURA, NusaBali
Anggota DPRD lima periode (Dua periode DPRD Karangasen dan tiga periode DPRD Bali), I Wayan Kari Subali mundur alias tak lanjutkan proses pencalegannya untuk DPRD Bali di Pemilu 2024 Dapil Karangasem dari Partai NasDem. Politisi nyentrik ini tidak lanjut melengkapi berkas bacaleg melalui NasDem dengan alasan demi kaderisasi serta kesehatannya terganggu.

Kari Subali tercatat telah lima periode sebagai anggota DPRD dari partai berbeda. Selama dua periode dia jadi anggota DPRD Karangasem dari PDIP masa bhakti 1999-2004, dan 2004-2009. Selanjutnya pindah ke PNI Marhaenisme dan lolos menjadi anggota DPRD Bali masa bhakti 2009-2014, kemudian pindah lagi ke NasDem dan sukses menjadi anggota DPRD Bali dua periode 2014-2019 dan 2019-2024.

Saat Pemilu Legislatif 2009 melalui PNI Marhaenisme Kari Subali meraih 11.988 suara, kemudian melalui kendaraan NasDem di Pemilu Legislatif 2014 Kari Subali meraih coblosan 21.655 suara, sedangkan di Pemilu Legislatif 2019 meraih 18.245 suara. Kali ini politisi NasDem yang juga Bendesa Adat Pidpid, Kecamatan Abang, Karangasem ini memilih tidak maju sebagai caleg di Pemilu Legislatif 2024 dengan sejumlah alasan. 

Alasan pertama Kari Subali mengungkapkan demi terbangunnya kaderisasi, sehingga memberikan kesempatan sebagai caleg untuk kader yang lain. Alasan lainnya karena kondisi kesehatan jantungnya juga bermasalah.
"Meski demikian saya tetap komit dengan NasDem. Saya tetap garis lurus dengan perintah partai," jelas politisi asal Banjar Pidpid Kaler, Desa Pidpid, Kecamatan Abang ini di Amlapura, Kamis (18/5).

Mantan Ketua PAC PDIP Abang 1998-2004 ini menambahkan pentingnya melakukan kaderisasi di partai agar jangan sampai yang jadi caleg kader itu-itu saja, sehingga kader lain tidak dapat kesempatan. Padahal semua kader sama-sama membesarkan partai. Terkait mundur dari proses pencalegan, Kari Subali telah menyampaikan surat ke Sekretariat DPD NasDem Karangasem Jalan Untung Surapati Amlapura, Rabu (17/5) dan diterima  petugas sekretariat I Komang Gunarta. 

Selain mohon izin tidak maju sebagai caleg, Kari Subali sekaligus mohon doa dari keluarga besar NasDem agar kesehatannya pulih kembali. "Jika kondisi kesehatan saya pulih kembali, nantinya kembali saya bisa berkontribusi positif terhadap kemajuan partai NasDem di Bali," jelas Ketua Fraksi Gabungan NasDem, PSI, dan Hanura DPRD Bali yang dikenal sebagai politisi nyentrik ini.

Ketua DPD NasDem Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri mengaku telah menerima surat dari anggota DPRD Bali I Wayan Kari Subali. "Dalam surat tersebut beliau mohon izin, tidak ikut sebagai bacaleg. Kami mengapresiasi sikap politik pak Wayan Kari Subali," jelas mantan Bupati Karangasem ini. 

Mas Sumatri juga mengucapkan terima kasih atas kontribusinya yang selama ini telah turut aktif membesarkan NasDem di Karangasem. "Saya mendoakan agar kesehatan beliau pulih kembali, dengan harapan bisa berkontribusi aktif kembali untuk kebesaran NasDem ke depan," jelasnya. 7 k16

Komentar