nusabali

Puan Minta ‘Kawal’ Pemilu, Agar Berjalan Jurdil, Lancar dan Berkeadaban

  • www.nusabali.com-puan-minta-kawal-pemilu-agar-berjalan-jurdil-lancar-dan-berkeadaban

JAKARTA, NusaBali - Gong Demokrasi Pemilu 2024 sudah ditabuh dengan pendaftaran bakal calon legislatif  ke KPU pada 1-14 Mei lalu. Anggota DPR RI diharapkan melakukan pengawasan atas jalannya persiapan dan tahapan Pemilu 2024 agar berjalan jurdil dan lancar.

Hal itu diungkapkan Ketua DPR RI dari Fraksi PDIP, Puan Maharani saat membuka masa sidang V tahun 2022-2023, Selasa (16/5).

Menurut Puan, DPR RI akan memastikan penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat berjalan dengan lancar. “Tahapan Pemilu Tahun 2024 sudah mulai dilaksanakan. Alat Kelengkapan DPR RI terkait agar melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2024, sehingga memastikan bahwa Pemilu tahun 2024 berlangsung berkeadaban yang maju, jujur dan adil,” ujar Puan di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Selasa.

Terkait pelaksanaan fungsi legislasi, lanjut Puan, DPR RI bersama Pemerintah dan DPD RI akan memprioritaskan penyelesaian pembahasan sembilan Rancangan Undang-undang (RUU) yang saat ini masih berada pada pembicaraan tingkat I. Sembilan RUU tersebut adalah RUU tentang Desain Industri, RUU tentang Kesehatan, RUU tentang Perubahan atas UU Nomor  5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selanjutnya RUU tentang Hukum Acara Perdata, RUU tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor  35 Tahun 2009 tentang Narkotika, RUU tentang Perubahan Keempat atas UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi, RUU tentang Energi Baru dan Energi Terbarukan, RUU tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA) serta RUU tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

“Pembentukan suatu Undang-undang oleh DPR RI dan Pemerintah, merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan hukum nasional dalam rangka menjaga ketertiban umum, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menjalankan pembangunan nasional,” ucap Puan. Oleh karena itu, DPR RI berkomitmen untuk menghasilkan produk Undang-undang yang selaras dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Lalu memiliki landasan sosiologis yang kuat, mengutamakan kepentingan nasional, dan ikut membuka ruang bagi partisipasi pendapat masyarakat. Untuk itu, Puan mengajak masyarakat Indonesia turut berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas DPR RI. Puan juga meminta seluruh anggota DPR RI untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya di masa persidangan ini. “Selamat bekerja memperjuangkan kesejahteraan rakyat,” papar putri dari Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri ini. k22

Komentar