nusabali

Tingkatkan Prestasi Keolahragaan, KONI Gianyar Terus Berbenah

  • www.nusabali.com-tingkatkan-prestasi-keolahragaan-koni-gianyar-terus-berbenah

GIANYAR, NusaBali - Setelah memberikan pelatihan kepada pelatih, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Gianyar memberikan bimbingan teknis pengadministrasian tentang usulan proposal dan laporan pertanggungjawaban proposal cabang olahraga (Cabor) kepada para bendahara cabor di Villa Kori Maharani, Senin (15/5). 

Bimtek ini digelar mengingat Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang sistem keolahragaan mengharuskan pengadministrasian keuangan dan pencapaian prestasi harus berjalan seiring dan sejalan. 

Mewakili ketua panitia, Dewa Made Suyana mengatakan, tujuan bimtek untuk meningkatkan kualitas SDM pengurus cabor di lingkungan KONI Gianyar, khususnya para bendahara dalam pengadministrasian keuangan. Menumbuhkan paradigma baru dalam mengelola dana hibah yang diterima KONI Kabupaten  Gianyar agar dapat dikelola secara transparan dan akuntabel. “Agar tersedia SDM yang tangguh dan unggul dalam mengelola keuangan untuk menumbuhkan kepercayaan pimpinan daerah. Perlu disadari bahwa dana yang diterima oleh KONI Gianyar bersumber dari APBD, oleh karena itu pemberlakuannya harus sejalan dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Dewa Suyana. 

Dewa Suyana menegaskan bahwa prestasi tidak bisa tercapai tanpa ada dana, oleh sebab itu perlu melakukan pelatihan pengelolaan dana yang dihibahkan ke KONI Gianyar. “Prestasi tidak bisa kita capai tanpa ada dana. Maka pengelolaan dana-dana yang dihibahkan oleh pemerintah ke KONI  harus dikelola dengan baik untuk menumbuhkan kepercayaan terhadap pimpinan daerah,” tegasnya. 

Senada dengan Dewa Suyana, Sekretaris Umum KONI Gianyar I Wayan Latra mengungkapkan pentingnya Bimtek pengadministrasian keuangan sebagai upaya peningkatan SDM dalam mengelola keuangan cabor. 

“Bimtek kali ini sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan SDM pengurus cabor dalam bidang tata kelola keuangan. Dana hibah yang diterima KONI Gianyar bersumber dari APBD Gianyar, oleh karena itu pemberlakuannya harus sesuai dengan kaidah-kaidah atau ketentuan yang berlaku,” terangnya. 

Wayan Latra berharap keuangan KONI bisa dikelola secara transparan, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan. “Pengelolaan keuangan yang akuntabel akan menjadi sangat penting bagi pembangunan olahraga di Kabupaten Gianyar,” lanjutnya. 

Dengan tata kelola keuangan yang baik, Wayan Latra meyakini akan dapat meningkatkan prestasi keolahragaan di Gianyar sehingga ketua cabor dapat fokus dalam program pembinaan atlet bersama pelatih. 

Wayan Latra juga meminta agar para ketua cabor untuk menata organisasi cabor dengan baik serta memfungsikannya dengan baik. “Jangan ada lagi ketua pengurus cabor sibuk sendiri mengurus keuangan sehingga tidak sempat menyusun program untuk peningkatan prestasi atlet,” ujar Wayan Latra. 7 nvi

Komentar