nusabali

Daftarkan Caleg DPRD Badung, Demokrat dan PKB Optimis di Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-daftarkan-caleg-dprd-badung-demokrat-dan-pkb-optimis-di-pemilu-2024

MANGUPURA, NusaBali - DPC Partai Demokrat dan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendaftarkan bacalegnya ke KPU Badung pada hari ke-13 pendaftaran, Sabtu (13/5). Pada pertarungan Pileg 2024 mendatang, baik Demokrat dan PKB optimis meraih hasil maksimal di Pemilu 2024.

Partai Demokrat bertekad untuk mengembalikan kejayaan di Pileg 2009 silam yang mampu meraih 9 kursi di DPRD Badung. Sedangkan PKB memetakan tiga dapil potensial untuk meraup suara untuk mewujudkan kursi dewan. 

Partai Demokrat menjadi partai keempat yang mendaftar ke KPU Badung setelah PDIP, PKS, dan Partai Nasdem. Saat mendaftar, dikomando langsung Ketua DPC Demokrat Badung, I Made Sunarta. Rombongan DPC Demokrat tiba di KPU Badung, sekitar pukul 10.00 Wita diiringi gamelan baleganjur.

Dalam proses pengecekan berkas dan kesesuaian dengan aplikasi Silon (Sistem Informasi Pencalonan), pendaftaran bacaleg Demokrat dinyatakan sudah lengkap dan benar. “Kami telah mengikuti tahapan yang disyaratkan oleh KPU. Hari ini (kemarin,red) kami melakukan penyetoran, syukurnya sudah lengkap dan benar, sehingga dapat diterima dengan baik,” ujar Sunarta usai pendaftaran bacaleg.

Sunarta yang juga Wakil Ketua II DPRD Badung menambahkan, jumlah bacaleg yang didaftarkan, sesuai dengan alokasi kursi di DPRD Badung, yakni 45 kursi atau kuota 100 persen. 

Demokrat juga telah memenuhi 30 persen keterwakilan bacaleg perempuan. Disinggung mengenai target kursi di Pileg 2024 nanti, Demokrat menargetkan setidaknya dua kursi di satu dapil. Artinya, target yang diinginkan yakni sebanyak 12 kursi.

“Pileg 2009, Demokrat pernah 9 kursi. Kemudian di 2014 menjadi 7 kursi, dan 2019 terjun ke 2 kursi. Pemilu 2024, kita berharap lebih dari itu. Enam dapil kita harapkan bisa hasilkan dua kursi. Setiap dapil kita maksimalkan dengan kerja keras bersama,” kata politisi asal Kelurahan Abianbase Kecamatan Mengwi ini.

Foto: Pendaftaran bacaleg oleh DPC PKB Badung, Sabtu (13/5). -INDI

Sementara, DPC PKB Badung mengantarkan daftar bacalegnya ke KPU Badung ke sekitar pukul 14.40 Wita diiringi kesenian Hadro. Suseno, Ketua DPC PKB Badung mengatakan, untuk Pileg 2024 nanti, PKB Badung hadir dengan formasi lengkap sebanyak 45 bacaleg. Menurutnya, dalam pertarungan Pileg 2024 pihaknya optimis dengan potensi di tiga dapil yakni Dapil Kuta Selatan, Kuta, dan Kuta Utara.

“Kita harapkan beberapa peluang ke depan minimal 3 kursi di DPRD Badung. Kita menilai pergerakan PKB jauh lebih masif dibanding 2019 lalu. Contohnya di Dapil Kuta Selatan sewaktu Pileg 20019, hanya 1 caleg, sehingga otomatis jauh dari harapan. Namun sekarang kita daftarkan 45 bacaleg,” sebutnya.

Sementara Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta alias Kayun mengungkapkan, baru lima partai yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU Badung. Lima partai tersebut antara lain PDIP, PKS, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKB. Namun untuk PKB, pihaknya menyatakan masih ada ketidaksesuaian antara berkas yang dibawa dengan yang sudah ter-upload di aplikasi Silon. Kata Kayun, PKB masih perlu melakukan perbaikan hingga hari terakhir, Minggu (14/5) hari ini. 

“Setiap partai memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Ada yang akses Silonnya diberikan kepada partai di tingkat kabupaten/kota, namun ada juga yang dihandle langsung pusat. Nah, untuk berkas PKB ini, Silonnya dihandle pusat, sehingga tidak bisa langsung dilakukan perbaikan. Jadi ketidaksesuaiannya itu, pada berkas aslinya daftar bacaleg ada tiga lembar, sedangkan yang di Silon hanya satu lembar. Itu saja kendalanya, sehingga masih dinyatakan tidak lengkap atau tidak sesuai dan perlu perbaikan,” beber pria yang akrab disapa Kayun.

Untuk Minggu hari ini, ada enam partai yang sudah konfirmasi akan mendaftarkan bacalegnya. Parpol tersebut yakni Partai Gerindra, Hanura, Golkar, PBB, PSI, Partai Buruh, dan Partai Gelora. “Untuk di Badung ini ada 18 partai, dan yang baru konfirmasi mendaftar besok (hari ini, red) baru enam. Untuk hari terakhir waktu pendaftarannya sampai pukul 23.59 Wita,” pungkasnya.ind

Komentar