nusabali

Demokrat Tabanan Tak Penuhi Kuota, Target 1 Suara Tiap Dapil

Hanya Daftarkan 24 Bacaleg ke KPU

  • www.nusabali.com-demokrat-tabanan-tak-penuhi-kuota-target-1-suara-tiap-dapil

TABANAN, NusaBali - Partai Demokrat Tabanan resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU Tabanan, Sabtu (13/5). Namun jumlah Bacaleg yang didaftarkan tak memenuhi kuota di setiap daerah pemilihan (dapil).

Total ada 24 Bacaleg yang bakal ditarungkan merebut 40 kursi DPRD Tabanan. Kendatipun Bacaleg yang didaftarkan tidak 100 persen dari kuota, Demokrat Tabanan menarget tiap dapil melahirkan satu kursi supaya tak krisis wakil rakyat seperti di Pileg 2019.

Ketua DPC Demokrat Tabanan Wayan Adnyana mengatakan ada 24 Bacaleg yang didaftarkan. Bacaleg yang didaftarkan ini didominasi wajah baru. “Satu incumbent I Ketut Semara (Dapil III Penebel–Baturiti) tetap kami daftarkan. Selain itu sekretaris dan bendahara kami juga maju,” ucap Adnyana. 

Dia mengakui 24 Bacaleg yang didaftarkan ini memang tidak memenuhi kuota di masing-masing dapil. Ada sejumlah alasan yang mendasar, salah satunya kader Demokrat khususnya Tabanan bagian barat seperti Selemadeg raya sampai Pupuan masih lemah. “Dulu kami punya kader di sana namanya Pak Rimayasa, namun sekarang sudah menjadi perbekel,” kata Adnyana. 

Kendatipun demikian Demokrat untuk Pemilu 2024 optimistis akan mencetak kader terbaik. Sebab ditarget tiap dapil melahirkan satu kursi ke DPRD Tabanan. Target ini sudah disampaikan kepada seluruh kader. Selain itu, untuk meraih target tersebut telah dilakukan pembenahan struktur partai dari tingkat desa sampai anak ranting. 

“Kami juga akan terus lakukan konsolidasi ke tingkat bawah untuk mencapai apa yang kami targetkan. Selain itu Bacaleg yang kami daftarkan juga ada dari luar struktur partai. Kami berharap ini akan menjadi tambahan amunisi. Wajib, kita harus optimistis penuhi target,” tandas Adnyana. 

Sementara itu, Ketua KPU Tabanan I Gede Puru Weda Subawa menegaskan, baru ada 7 parpol yang mendaftar ke KPU Tabanan dari 17 parpol yang lolos verifikasi. Dan untuk pendaftaran Sabtu kemarin, KPU Tabanan menerima 4 parpol. Dari empat parpol itu, berkas PSI dikembalikan karena ada kesalahan meng-upload data.

“Hari ini (Sabtu kemarin) ada empat parpol yang mendaftar, yakni, PKB, PBB, Demokrat, dan PSI. Namun tiga parpol yang kami bisa terima berkasnya. (Berkas) PSI kami kembalikan karena ada salah upload dapil. Tadi (kemarin) sudah dibenahi, namun belum selesai, kemungkinan besok (hari ini) PSI akan kembali daftar ulang,” jelas Adnyana. 

Dia berpesan parpol yang hendak mendaftar memang harus menyiapkan berkas dengan maksimal. Apapun yang menjadi persyaratan dan acuan mesti di-upload dengan benar. Karena dari yang diterima KPU, banyak parpol yang salah upload dapil sehingga harus melakukan perbaikan. 

“Masih ada waktu besok (hari ini) pendaftaran. Dari 17 parpol baru 7 yang melakukan pendaftaran. Sisanya besok (hari ini0 dipastikan akan mendaftar, tergantung dari parpol akan mencalonkan atau tidak. Karena info dari LO (liaison officer) parpol Ummat dan PAN tidak mencalonkan, jadi kita menunggu sisanya,” tandas Weda Subawa. 7 des

Komentar