nusabali

Lima Koperasi di Tabanan Dihidupkan Lagi

  • www.nusabali.com-lima-koperasi-di-tabanan-dihidupkan-lagi

TABANAN, NusaBali - Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja kebut pendampingan koperasi tidak aktif. Ini dilakukan untuk mengejar target tahun 2024 nihil koperasi tak aktif. Dan sekarang di tahun 2023 sudah berhasil membangkitkan 5 koperasi yang awalnya mati suri.

Lima koperasi yang bangkit itu diantaranya Koperasi Panca Dana Marga, Koperasi Telkom (Koptel), Koperasi Mekar Sari Sedana, KUD Purwa Bumi, dan Koperasi Tribuana Sari. Dan sekarang dari data di Dinas Koperasi UMKM dan Tenaga Kerja sebelumnya ada 162 koperasi tidak aktif dan sekarang sudah tersisa 73 koperasi yang tidak aktif. 

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Tabanan, I Nyoman Putra mengatakan untuk menurunkan angka status koperasi tak aktif sudah dilakukan sejumlah program. Salah satunya turun membentuk tim monev ke lapangan mengetahui sebenarnya kondisi koperasi tersebut. 

"Semua koperasi yang memiliki ijin, semua harus aktif melakukan pergerakan sesuai dengan asas dan prinsip-prinsip koperasi. Tidak ada lagi koperasi mengantongi ijin, namun tidak melakukan aktivitas perkoperasian,” tegasnya, di sela-sela acara melantik pengurus koperasi Purwa Bumi yang berhasil bangkit di Kantor Perbekel Desa Belalang, Kecamatan Kediri, Jumat (12/5).

Kata dia lewat tim monev tersebut koperasi yang tidak aktif dicari tau kejelasannya. Jika memang tidak bisa bangkit kembali akan diusulkan untuk bubar. "Supaya tidak lama ada datanya namun tak bergerak. Karena dari hasil turun ke lapangan banyak koperasi yang sudah tidak aktif kantornya sudah hilang," akunya. 

Sementara terhadap KUD Purwa Bumi yayang berhasil bangkit, sebelumnya sudah tidak melaksanaka RAT (Rapat Anggota Tahunan) selama 13 tahun. Dan berhasil telah kembali RAT pada Mei 2023 sehingga langsung dibentuk pengurus baru. 

Ketua Dekopinda Kabupaten Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa  menyebutkan akan bersinergi dengan Dinas Koperasi Tabanan untuk melakukan pendampingan terhadap koperasi tidak aktif. "Dalam pendampingan ini kami juga akan mengedepankan aturan dan langkah-langkah yang bisa membuat koperasi yang awalnya sakit menjadi segar kembali," tandas Mantan Sekda Tabanan ini. des

Komentar