nusabali

PSSI Tegaskan Indonesia Siap All Out di Piala Asia

STY Yakin Peluang Lolos 50 Persen

  • www.nusabali.com-pssi-tegaskan-indonesia-siap-all-out-di-piala-asia

JAKARTA, NusaBali - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) tetap optimistis di Piala Asia 2023 Qatar. Selain itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga realistis. Namun dia yakin peluang Indonesia lolos 50 persen.

Ya, persaingan di Piala Asia 2023 menang berat bagi Timnas Indonesia. Sebab mereka akan tergabung dalam Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Indonesia jelas tidak diunggulkan. Tapi, Shin juga yakin, skuad Garuda dapat saja membuat kejutan.

Jika mengincar runner-up Grup D dirasa terlalu sulit, maka pilihan paling masuk akal Indonesia mengamankan posisi tiga terbaik untuk lolos ke babak 16 besar. Sebab juara dan runner-up Grup A hingga F berhak melaju ke babak 16 besar. Selain itu, empat tim peringkat ketiga terbaik juga berhak ke 16 besar.

"Grup kami tidak mudah. Untuk ya. Saya akan mengatakan peluang kami untuk lolos ke babak sistem gugur adalah sekitar 50 persen. Tapi saya sangat percaya diri dengan tim saya," ujar Shin Tae-yong.

Kunci Timnas Indonesia di Grup D adalah mengalahkan Vietnam. Jika berhasil, maka kans Skuad Garuda untuk lolos ke babak 16 besar cukup terbuka. Namun Indonesia akan lebih dulu melawan Irak pada 15 Januari 2024, disusul Vietnam pada 19 Januari 2024, dan terakhir Jepang pada 24 Januari 2024.

Namun, Shin Tae-yong belum tentu melatih Indonesia di Piala Asia 2023. Pasalnya, kontraknya dengan PSSI akan berakhir pada 31 Desember 2023.  Sebab Piala Asia 2023 akan digelar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Apalagi sejauh ini, PSSI juga belum bisa memastikan masa depan Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan Indonesia siap menghadapi lawan-lawannya di Piala Asia, meski di atas kertas lawan-lawan tersebut lebih kuat dibanding tim Garuda.

"Kita sudah tahu kualitas Jepang levelnya sudah elit dunia, juga dengan Irak dan Vietnam. Seluruhnya tim yang tangguh. Tapi semua bisa terjadi dalam 90 menit, dan semua dimulai dengan skor 0-0," kata Erick Thohirr.

Menurut Erick, semua elemen timnas siap tempur untuk ajang yang akan berlangsung awal tahun depan itu. Pada undian grup itu yang berlangsung Kamis ini, Indonesia ditempatkan di pot 4, yang termasuk dalam klaster negara non unggulan.

"Timnas kita terus menunjukkan perkembangan yang positif. Meski kita tahu Piala Asia ini dihuni negara yang levelnya sudah dunia. Ini jelas menjadi tantangan sekaligus peluang kita untuk semakin meningkatkan level permainan timnas," kata Erick Thohir. *

Komentar