nusabali

Bupati Ajak Masyarakat Bergerak Membangun Bangli

  • www.nusabali.com-bupati-ajak-masyarakat-bergerak-membangun-bangli

BANGLI, NusaBali - Berbagai upaya dilakukan untuk pengembangan Kabupaten Bangli. Selama dua tahun kepemimpinan Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Wabup Wayan Diar, berbagai lompatan pembangunan berhasil diwujudkan. Bupati Sedana Arta mengajak seluruh pihak ikut serta untuk memajukan Bangli.

"Lompatan-lompatan pembangunan sudah mulai nyata terwujud di Bangli. Ini penting kita sadari, bahwa membangun kebersamaan, gotong royong, itu memerlukan sinergitas dan kolaborasi dari seluruh stakeholder. Dan, momen HUT Bangli ini kita sangat berharap sinergitas dan gotong royong bisa ditingkatkan lagi," ungkapnya, Selasa (9/5).

Menurut Bupati Sedana Arta, pembangunan pada tahun kedua ini juga dipastikan akan lebih dahsyat lagi dan menyentuh hampir seluruh kecamatan. "Yang besar-besar memang fokus di Kintamani karena sebagai barometer atau center daripada perdagangan, pertanian, perikanan dan pariwisata. Mudah-mudahan akhir tahun ini, itu bisa selesai dan akhir tahun ini juga kota Bangli juga akan berubah cukup dahsyat," jelasnya.

Dicontohkan, penataan seluruh gorong-gorong yang selama ini menjadi kewenangan Provinsi Bali di Kota Bangli. Yang mana saat ini, sudah tender di provinsi dengan anggaran Rp 36 miliar lebih. "Kita harapkan kota ini akan berbenah dan dalam anggaran perubahan akan saya tambahkan lampu hias di kanan kirinya. Sekarang kan baru ada disalah satu sisi. Sisi yang lainnya akan saya tambahkan lagi. Karena kota ini, kota kecil. Maka komitmen saya adalah kota bersih aman nyaman asri. Untuk mewujudkan mimpi kita sebagai kota bersih di Indonesia," sebutnya.

Pihaknya juga memastikan yang paling serius untuk segera juga  diwujudkan adalah pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) di Kota Bangli. Tahun ini, di anggarkan Rp 5 miliar.

Kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-819 Kabupaten, puncaknya jatuh pada Rabu (10/5), dirancang agak lebih ketat dari tahun lalu. "Tahun lalu, acaranya dalam perjalanan nambah terus. Sekarang hasil rapat, 90 persen acaranya sudah final sehingga pembiayaan bisa dirancang sejak awal," kata politisi PDI Perjuangan ini

Untuk pembiayaan, lanjutnya, dari dulu jika ada acara seperti ini seluruh masyarakat ikut berpartisipasi. Bukan hanya ASN, pengusaha dan tahun ini DPRD juga menyumbang seikhlasnya. ‘’Tidak ada paksaan. Itu masuk ke rekening khusus dan diaudit oleh inspektorat kabupaten Bangli," tegasnya.

Bupati Sedana Arta juga mengaku dalam perayaan HUT Bangli tahun ini, merasakan peningkatan semangat masyarakat. Contohnya, dalam hal Lomba Penjor. Masyarakat terutama STT sangat antusias. Bahkan ada yang sampai membawa peralatan musik dan gamelan saat melakukan pemasangan Penjor hingga malam. "Tahun lalu HUT Bangli sudah bergema hingga ke desa. Tahun ini lebih bergema lagi. Sebab, lebih banyak desa yang turut serta. Hal ini, diartikan, bahwa semangat jengah, semangat memiliki Bangli sekarang  sudah mulai dan generasi muda juga sudah terlibat secara langsung dalam moment ini," imbuhnya.@7esa

Komentar