nusabali

Pemkot Denpasar Pertahankan Opini WTP 11 Kali Berturut dari BPK RI

  • www.nusabali.com-pemkot-denpasar-pertahankan-opini-wtp-11-kali-berturut-dari-bpk-ri

DENPASAR, NusaBali - Pemkot Denpasar kembali mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk ke sebelas kalinya.

Hal tersebut terungkap saat penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkot Denpasar Tahun 2022 oleh BPK RI Perwakilan Bali kepada kabupaten/kota se-Bali, di Kantor BPK RI Perwakilan Bali, di Denpasar, Selasa (9/5).

Penyerahan LHP dilakukan oleh Plt Kepala BPK RI Perwakilan Bali I Gusti Ngurah Satria Perwira, diterima Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede disaksikan Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra. Hadir dalam kesempatan tersebut bupati dan ketua DPRD kabupaten se-Bali, sekda, serta para Inspektur dan kepala BPKAD se-Bali.

Ngurah Satria Perwira menjelaskan, pemkab/pemkot se-Bali sukses mempertahankan pencapaian opini WTP. Khusus untuk Kota Denpasar kembali meraih WTP untuk ke sebelas kalinya secara berturut-turut. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah provinsi serta kabupaten/kota se-Bali beserta jajaran perangkat daerahnya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan. Capaian ini tentu tidak terlepas dari sinergi yang efektif terhadap seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari DPRD dalam pelaksanaan fungsi pengawasannya.

Dikatakannya, berdasarkan pemeriksaan LKPD Kota Denpasar Tahun Anggaran 2022 yang dilakukan BPK, dapat disimpulkan bahwa penyusunan LKPD kabupaten/kota se-Bali Tahun Anggaran 2022 telah sesuai dengan SAP berbasis akrual.

Dia mengingatkan, Pemkot Denpasar wajib menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan oleh BPK RI setelah LHP ini diterima. Pemda selain fokus mengejar WTP juga diharapkan dapat merancang program yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat. 

Walikota Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada Plt Kepala BPK RI Perwakilan Bali beserta tim yang telah memberikan tuntunan, arahan, dan bimbingan sehingga jajaran Pemkot Denpasar dapat menyajikan pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Pemkot Denpasar telah menjalani pemeriksaan yang sangat kooperatif dan preventif dengan tujuan meningkatkan profesionalisme ASN. Atas bimbingan, arahan, dan tuntunan dari BPK RI Perwakilan Provinsi Bali, diharapkan ke depannya dapat lebih baik dalam pengelolaan keuangan daerah, serta masukan dari BPK RI Bali akan segera ditindaklanjuti. 

Walikota Jaya Negara mengatakan, capaian ini tak lepas dari sinergitas antara Pemkot bersama DPRD Denpasar serta seluruh OPD dan Tim Teknis di Pemkot Denpasar. Karenanya, hal tersebut harus terus dipertahankan dalam rangka menuju Denpasar Maju.

“Kami mohon bimbingan dan arahan sehingga dapat menindaklanjuti profesionalisme dalam laporan keuangan setiap tahunnya,” ujar Walikota Jaya Negara.

Gusti Ngurah Gede juga menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Bali yang telah memberikan bimbingan kepada Pemkot Denpasar. Masukan dan arahan dari Kepala BPK RI Bali akan segera ditindaklanjuti untuk meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat Kota Denpasar. @ mis

Komentar