nusabali

3 Ton Sampah Diangkut dari Pantai Nusa Dua, Didominasi Sampah Rumput Laut

  • www.nusabali.com-3-ton-sampah-diangkut-dari-pantai-nusa-dua-didominasi-sampah-rumput-laut

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung bersama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung Selasa (9/5) siang.

Dalam kegiatan itu, petugas membersihkan dan mengangkut sedikitnya tiga ton sampah.

General Manager The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, mengatakan kegiatan beach clean up bekerja sama dengan Dinas LHK Badung diikuti lebih dari 100 peserta. Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan kawasan The Nusa Dua agar bebas sampah demi keamanan dan kenyamanan wisatawan. Dalam aksi bersih-bersih itu, setidaknya mengevakuasi tiga ton sampah yang didominasi sampah rumput laut.

“Kegiatan ini juga dapat menjadi kampanye kepada masyarakat dan wisatawan sekitar kawasan The Nusa Dua agar dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan pesisir pantai,” kata Ardita.


Menurut Ardita, kegiatan beach clean up ini juga sebagai sarana edukasi bagi para pelaku pariwisata di kawasan The Nusa Dua untuk meningkatkan kesadaran dalam mengambil inisiatif terhadap masalah lingkungan. Kawasan The Nusa Dua, lanjutnya, merupakan kawasan terintegrasi yang memiliki bentang pantai sepanjang 4 kilometer dengan pantai umum, di antaranya Pantai Samuh dan Pantai Bengiat yang dapat dikunjungi masyarakat sebagai lokasi berlibur serta kegiatan keagamaan.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dan partisipasi dari Dinas LHK Kabupaten Badung, para tenant, paguyuban serta tim kebersihan untuk kelancaran kegiatan hari ini (kemarin). Kami berharap sinergi antara ITDC dengan pemerintah, serta pelaku pariwisata di kawasan bisa terus berjalan melalui kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar,” harap Ardita

Sementara, Kepala Dinas LHK Badung I Wayan Puja, mengatakan selama periode April-Oktober, daerah pesisir kerap kali diterjang angin timur yang menyebabkan banyak sampah kiriman berupa rumput laut, sampah plastik dan kayu. Untuk itu, tegasnya, mengantisipasi hal itu sebanyak 70 personel petugas kebersihan disiagakan, termasuk dua alat berat untuk membantu mengangkat dan membersihkan sampah kiriman dari pesisir pantai. “Kami sangat mengapresiasi gerak cepat dari ITDC yang berkoordinasi langsung dengan kami terkait upaya pembersihan sampah ini dengan didukung oleh pelaku pariwisata di kawasan,” ucapnya. 7 dar

Komentar