nusabali

Desa Panji Pilot Project Digitalisasi Pansimas

  • www.nusabali.com-desa-panji-pilot-project-digitalisasi-pansimas

SINGARAJA, NusaBali - Seiring berkembangnya penggunaan teknologi yang mengarah ke digitalisasi, membuat berbagai inovasi diimplementasikan pada setiap aspek kehidupan.

Peluang tersebut dimanfaatkan oleh Desa Panji, Kecamatan Sukasada dengan menggunakan kecanggihan teknologi membuat transparansi pengelolaan air desa yang didukung penuh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ‘Bhuana Utama’.

Perbekel Desa Panji Jro Mangku Made Ariawan, Minggu, (23/4) menjelaskan berbagai inovasi dilakukan bersinergi dengan BUMDes yang merupakan muara dari semua usaha yang dimiliki desa dengan menerapkan keterbukaan pelayanan. 

Alhasil, hal tersebut menjadikan Desa Panji sebagai pilot project dalam tata kelola air dengan menerapkan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pansimas) yang dibantu oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng dan dikelola dari sisi desa berbasis digital melalui platform bernama https://Panji.Bumdesaku.id yang dapat diakses melalui smartphone.

Pihaknya menambahkan kelebihan yang disediakan dalam platform tersebut berupa transparansi dari pembukuan tagihan air, keterbukaan semua tagihan dan semua urusan keuangan yang menciptakan sebuah kepercayaan bagi pemerintah. 

Dari sisi sistem pelayanan di lapangan juga sudah diperbaiki kualitasnya menggunakan filter air pasir rambat, dan juga melalui platform tersebut pengaduan masyarakat terhadap masalah di lapangan juga sampai lebih cepat sehingga penanganannya dari tenaga teknis lebih efisien dan akurat. 

Dampaknya dari keterbukaan tersebut menjadikan laba dari pengelolaan tata air digunakan untuk pembangunan berkelanjutan di tingkat desa.

“Artinya ini sistem ini sudah menjadi satu kesatuan dari yang mulai tata kelolanya transparan serta dari sisi pelayanan kualitas air yang didistribusikan juga sesuai harapan,” jelasnya.

Inovasi ini juga berhasil mengantarkan Desa Panji meraih predikat Desa Brilian terbaik se-Bali Nusra pada 2022 lalu dari 53 desa finalis di tahun kedua sejak dikembangkan pada tahun 2019 dan diterapkan tahun 2020. Torehan pretasi ini bermuara pada kecintaan masyarakat terhadap desanya yang menggandeng juga masyarakat sebagai basis pemasaran dengan memegang teguh prinsip ‘dari warga untuk warga’.

"Mudah-mudahan pada tahun ini kita bisa mengukir lebih banyak prestasi dengan berbagai inovasi agar mengharumkan tidak hanya Desa Panji namun Kabupaten Buleleng," harapnya. 7

Komentar