nusabali

Pemudik Sumringah Ikuti Program Mudik Gratis

  • www.nusabali.com-pemudik-sumringah-ikuti-program-mudik-gratis

SINGARAJA, NusaBali - Sejumlah pemudik asal Buleleng terlihat sumringah mengikuti program mudik gratis yang digelar Polres Buleleng. Mereka berangkat, Kamis (20/4) pagi dari Terminal Banyuasri, Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, dan diantar ke Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana.

Salah seorang pemudik, Irfan Wahyono mengaku tak sabar berkumpul kembali dengan keluarganya untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Pria yang tinggal di Kalan Pulau Obi, Kelurahan Banyuning, Kecamatan Buleleng, ini akan pulang kampung ke Banyuwangi, Jawa Timur. 

Pada tahun sebelumnya, ia bersama keluarga pulang kampung dengan menyewa elf atau minibus dari Bali menuju Kabupaten Banyuwangi. Ia pun mengaku, terbantu dengan program mudik gratis ini. Pasalnya setiap tahunnya, dia harus merogoh kocek yang cukup banyak untuk pulang ke kampung halaman.

"Kami keluarga besar jumlah berlima. Kalau kami sewa kendaraan biaya tinggi. Syukurlah ada program seperti ini," ujarnya, Kamis (20/4) di Terminal Banyuasri, Buleleng. 

Dia pun berharap, program yang sama juga diberikan saat waktu arus balik. Personel Polres Buleleng bisa menjemput, para pemudik gratis ini di Pelabuhan. "Harapannya, program ini juga ada. Kami sangat terbantu, dengan program ini," kata dia.

Di tempat yang sama, Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, total sampai saat ini pihaknya telah memberangkatkan pemudik sebanyak 44 orang. Program mudik gratis ini, sudah dilaksanakan sejak Minggu (16/4) lalu. Para pemudik, akan diantar dari titik kumpul di Terminal Banyuasri, Buleleng, hingga Gilimanuk, Jembrana.

AKBP Dhanu menyebut, jika per harinya peserta yang ikut dengan jumlah sedikit pihaknya akan mengantar para pemudik dengan mini bus. "Jika nanti peminatnya hanya beberapa orang maka akan diberangkatkan dengan menggunakan mini bus. Namun sebaliknya jika peminatnya tinggi,kami akan menambah armada," ucapnya.

Sebelum diberangkatkan pemudik terlebih dahulu diberikan pelayanan kesehatan oleh tim kesehatan Poliklinik Pratama Polres Buleleng bersama dengan instansi terkait, untuk memastikan para pemudik dalam keadaan sehat, setelah itu diberikan vitamin untuk dapat menjaga stamina.

"Para pemudik kami cek kesehatannya, termasuk sopir yang membawa pemudik ini. Kami juga memberikan sembako yang berisi makanan dan minuman sebagai bekal untuk buka puasa," kata Dhanu.

Dhanu mengimbuhkan, karena banyaknya masyarakat yang menginginkan program ini digelar pada saat arus mudik. Pihaknya menegaskan akan kembali melaksanakan kegiatan ini pada saat arus balik nanti. "Nomor kontak Handphone sudah ada,nanti pas arus balik akan kami kontak kembali para pemudik ini," kata dia. 7 mzk

Komentar