nusabali

Rumah Kosong Ditinggal Mudik, Polres Buleleng Tidak Tinggal Diam

  • www.nusabali.com-rumah-kosong-ditinggal-mudik-polres-buleleng-tidak-tinggal-diam

SINGARAJA, NusaBali.com - Momen mudik lebaran menyisakan pekerjaan rumah terhadap jaminan keamanan terutama soal rumah-rumah kosong yang ditinggal pemiliknya.

Polres Buleleng pun tidak tinggal diam melihat rumah warga yang kosong ditinggal mudik ke luar Bali. Oleh karena itu, patroli rutin setiap malam digelar lewat Satuan Samapta Polres Buleleng mulai Rabu (19/4/2023) petang.

Kawasan pertama yang disambangi Samapta Polres Buleleng adalah Perumahan Jalak Putih di Kota Singaraja. Patroli ini dilakukan guna mencegah gangguan kamtibmas seperti pencurian di rumah kosong maupun musibah seperti kebakaran akibat korsleting listrik.

"Kami menerjunkan enam unit kendaraan roda dua untuk melaksanakan patroli intensif setiap malam selama periode mudik dan arus balik lebaran," ujar Kasat Samapta Polres Buleleng, AKP Wayan Sukrawan di sela patroli.

Kata Sukrawan, selama patroli di kawasan perumahan itu ditemukan beberapa unit rumah kosong tanpa penghuni. Untuk itu, pantauan langsung dilakukan memasuki gang perumahan dan berkoordinasi dengan masyarakat setempat.

Informasi rumah kosong ini diterima Samapta Polres Buleleng dari seorang warga setempat yang akrab disapa Bowo. Dia meminta bantuan dan jaminan keamanan selama rumah-rumah kosong ini ditinggal oleh pemiliknya.

"Biasanya pemilik rumah meninggalkan rumah dalam waktu lama bahkan sampai lebaran ketupat (H+8) baru balik. Untuk itu, perlu ditingkatkan bantuan pengamanan untuk mencegah gangguan di tempat ini," kata Bowo kepada Sukrawan.

Menjawab saran dari warga, Sukrawan selaku Kasat Samapta Polres Buleleng menyebut giat patroli akan dilakukan rutin selama bulan Ramadan. Diharapkan para pemudik dapat merasakan keamanan dan kenyamanan selama periode mudik dan arus balik. *rat

Komentar