nusabali

Pemudik Bisa Manfaatkan Bus Trans Metro Dewata

  • www.nusabali.com-pemudik-bisa-manfaatkan-bus-trans-metro-dewata

DENPASAR, NusaBali - Terminal Mengwi, Badung, merupakan terminal tipe A yang menjadi titik keberangkatan bus antar kota antar provinsi (AKAP) menuju berbagai kota di Pulau Jawa.

Pemudik di Bali dapat memanfaatkan bus Trans Metro Dewata sebagai armada penghubung dari Kota Denpasar dan sekitarnya menuju Terminal Mengwi. 

Manajer PT Satria Trans Jaya, yang mengoperasikan Bus Trans Metro Dewata, I Gede Gunawan kepada NusaBali, Selasa (18/4), mengatakan bus Trans Metro Dewata memiliki lima koridor yang bisa dimanfaatkan calon pemudik menuju Terminal Mengwi. 

"Kalau kita bicara masalah mudik kita tidak bisa bicara Terminal Mengwi saja, tapi dari seluruh arah di Bali. Trans Metro Dewata jumlah busnya ada 105, setiap hari beroperasi 95, 10 cadangan, melayani 5 koridor," ujar Gunawan. 

Gunawan mengatakan untuk bisa sampai di Terminal Mengwi masyarakat Bali bisa memanfaatkan layanan bus Trans Metro Dewata khususnya koridor I (Central Parkir Kuta – Pesiapan, Tabanan) yang singgah di Terminal Mengwi, Badung. 

Dia menambahkan, untuk bisa sampai di halte Central Parkir Kuta masyarakat bisa memanfaatkan koridor Trans Metro Dewata lainnya. Empat koridor lainnya yang bisa dimanfaatkan masyarakat yakni Koridor 2 (GOR Ngurah Rai-Bandara Ngurah Rai), Koridor 3 (Terminal Ubung-Pantai Matahari Terbit), Koridor 4 (Terminal Ubung-Ubud Monkey Forest), dan Koridor 5 (Sentral Parkir Kuta-Politeknik Negeri Bali).

Gunawan mengungkapkan, bus Trans Metro Dewata akan mengelilingi setiap lajur koridor sebanyak 4 kali setiap harinya, mulai pukul 04.30-21.57 Wita. Dengan jumlah armada 21 setiap koridornya, maka setiap 10 menit bus akan tiba di setiap halte yang dilalui.
 
Dari sisi tarif Rp 4.400 per koridor, menurut Gunawan, juga menjadi salah daya tarik masyarakat menggunakan bus Trans Metro Dewata. Dikatakan Gunawan, koridor I sejak awal bus Trans Metro Dewata beroperasi September 2020 lalu merupakan koridor yang paling ramai jumlah penumpangnya. Setidaknya dalam setiap harinya 50 persen kapasitas bus terisi penumpang yang naik dan turun bus. 

"Trans Metro Dewata ini seperti diketahui aman, nyaman, murah, dan tepat waktu," sebut Gunawan. 

Gunawan memperkirakan jumlah penumpang bus Trans Metro Dewata akan mengalami peningkatan mulai H-3 Lebaran. Selain dari penumpang mudik, peningkatan jumlah wisatawan domestik selama libur Lebaran juga diperkirakan akan meningkatkan jumlah penumpang bus berkelir dominan merah ini. 

"Saya imbau kepada masyarakat khususnya yang akan mudik manfaatkanlah lima koridor bus Trans Metro Dewata, karena kelimanya terkoneksi dengan Terminal Mengwi," tandas Gunawan. 7 cr78

Komentar