nusabali

Siswa SMA/SMK Didiklat SATIN PMR

  • www.nusabali.com-siswa-smasmk-didiklat-satin-pmr

BANGLI, NusaBali
Kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) Satuan Inti (SATIN) digelar PMI Kabupaten Bangli.

Kegiatan ini diikuti perwakilan siswa SMA/SMK se-Kabupaten Bangli, dipusatkan di Lapangan UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Kelurahan Kubu, Bangli. Pelatihan SATIN PMR tahun 2023 dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Bangli I Wayan Diar pada Kamis (13/4).  Ketua Panitia Pendidikan dan Pelatihan SATIN PMR Dewa Gede Raditya Darma Tamaja, mengatakan kegiatan diklat dilaksanakan selama empat hari, 13 - 16 April 2023.  Diklat diikuti anggota PMR Wira tingkat SMA/SMK Se Kabupaten Bangli. "Para peserta tidak hanya mendapat teori, namun juga praktik. Kami menerapakan metode teori dan praktik," jelasnya.

Disampaikan, pelaksanaan diklat bertujuan untuk membentuk SAT PMR di PMI Kabupaten Bangli. Selain itu, membentuk dan membina remaja agar menjadi tutor sebaya di masing- masing sekolah SMA/SMK se- Kabupaten Bangli. Nantinya, jelas Dewa Raditya, para siswa dapat meningkatkan kinerja serta kemampuan PMR Wira untuk memahami materi-materi kepalangmerahan, memberikan pengetahuan dan sikap kepada para peserta. ‘’Semua itu untuk mengembangkan kurikulum PMR di masing-masing sekolah di Bangli," ungkap Dewa Raditya.

Tambah dia, melalui diklatdan ini diharapkan terbentuk  Satuan Inti (SATIN) PMR di masing-masing sekolah SMA/SMK Se-Kabupaten Bangli guna membantu Pembina PMR di masing-masing sekolah. Para peserta diklat diharapkan mampu memberikan dan mengaplikasikan materi-materi kepalangmerahan di sekolahnya masing-masing, Selain itu, meningkatnya pemahaman peserta terhadap materi-materi kepalangmerahan.

Wabup Bangli I Wayan Diar menyambut baik  terlaksananya ini. Terlebih lagi kegiatan pelatihan dapat dilaksanakan setiap tahun. Dengan begitu, pembinaan anak- anak PMR berlangsung baik dan berkesinambungan, sehingga PMI Kabupaten Bangli tidak kekurangan gemerasi penerus relawan PMR.

"Kegiatan semacam ini agar dapat dipertahankan bahkan dikembangkan pada ekstra kurikuler. Dengan itu, pembinaan karakter anak didik dapat berjalan seimbang dengan proses pembelajaran di sekolah yang sangat bermanfaat bagi pembentukan sumberdaya yang utuh," tegasnya.

Wabup Wayan Diar yang juga Ketua PMI Bangli ini mengingatkan penekanan karakter pada anak- anak sangat perlu dilaksanakan oleh para guru di sekolah dan orang tua di rumah. "Semoga tujuan kita bersama dapat terdapat. Kegiatan ini dapat memberi mannfaat bagi pengembangan sumber daya manusia di masa mendatang. PMI Kabupaten Bangli berkembang maju dalam menjalankan misi kemanusiaan," kata wabup asal Desa Belantih, Kecamatan Kintamani ini.*esa

Komentar