nusabali

Loncat ke Perindo, Ngakan Putra Jadi Ketua DPD Gianyar

  • www.nusabali.com-loncat-ke-perindo-ngakan-putra-jadi-ketua-dpd-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Anggota DPRD Gianyar dari PKPI, Ngakan Ketut Putra memutuskan loncat pagar ke Partai Perindo.

PKPI sendiri tak lolos ke Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 mendatang. Di Perindo, politisi senior ini langsung didapuk sebagai Ketua DPD Perindo Gianyar.  Surat penunjukan Ngakan Ketut Putra sebagai Ketua Perindo Gianyar ditandatangani oleh Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo per 16 Maret 2023, dan baru diterima oleh Ngakan Putra Senin 10 April 2023. Ngakan Putra menggeser posisi I Nyoman Arjawa, Ketua DPD Perindo Gianyar sebelumnya.

Sebelum didapuk sebagai ketua, sekitar dua bulan lalu, Ngakan Putra yang anggota DPRD Gianyar dari Dapil Gianyar ini ditunjuk sebagai Korda Bali Partai Perindo Wilayah Gianyar. Berdasarkan catatan, Ngakan Putra merupakan politikus senior Gianyar yang pernah nahkodai sejumlah partai. Mulai dari Partai Demokrat Gianyar hingga PKPI Gianyar. Bahkan di PKPI di kepemimpinan Ngakan Putra, PKPI Gianyar pernah naik daun dengan menduduki dua kursi DPRD Gianyar periode 2014-2019. Sementara pada periode 2019-2024 hanya bertahan Ngakan Putra seorang.

Menariknya, meski hanya lolos sendirian di DPRD Gianyar. Ngakan Putra tetap memiliki power. Sebab ia berhasil menjabat sebagai Ketua Fraksi Indonesia Raya dengan berkoalisi bersama Partai Gerindra yang meloloskan tiga kadernya di DPRD Gianyar.

Ngakan Putra saat ditemui di Sekretariat DPRD Gianyar membenarkan bahwa kini dirinya menjabat Ketua DPD Perindo Gianyar. Ngakan Putra menegaskan, meskipun ia telah memimpin partai, namun ia tetap akan berkoordinasi dengan Ketua Perindo Gianyar sebelumnya I Nyoman Arjawa.

"Sikap saya, di sini kan bukan masalah baru (bergabung) atau tidak. Yang jelas ini penugasan partai. Setelah ini saya tetap bekerja sama dengan ketua sebelumnya. Saya tak pernah melobi (untuk menjadi ketua). Sebelum jadi ketua, saya sudah menjadi Korda Bali Partai Perindo Wilayah Gianyar. Setelah itu mendapat penugasan menjadi Ketua DPD Perindo Gianyar," ujarnya, Kamis (13/4).

Ngakan Putra pun telah menyusun langkah untuk Pileg Gianyar 2024. "Kami segera rapatkan barisan. Walau waktu sudah agak dekat, karena saya sudah ditunjuk (sebagai ketua). Saya segera akan menyiapkan bakal calon legislatif 2024. Dan mengisi penuh kuota di setiap Dapil," ujarnya. Terkait siapa saja calon kuatnya, Ngakan Putra belum mau membeberkan. Namun yang jelas, Ngakan Putra menegaskan akan membuat kejutan. "Perindo akan membuat kejutan. Banyak orang yang sudah cukup dikenal di Gianyar ikut dengan Perindo. Soal sistem proporsional terbuka maupun tertutup. Kita Perindo di Gianyar, sudah amat siap untuk merebut kursi di Gianyar. Saya bersama-sama dengan Arjawa, siap membesarkan Perindo di Gianyar," tegasnya. *nvi

Komentar