nusabali

Haaland Selevel Messi-Ronaldo

Pep Bangga ManCity Gilas Southampton

  • www.nusabali.com-haaland-selevel-messi-ronaldo

LONDON, NusaBali
Pelatih Manchester City Pep Guardiola menyebut Erling Haaland kini selevel dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Hal itu disampaikan Pep setelah melihat performa Haaland saat Manchester City mengalahkan tuan rumah Southampton 4-1, Sabtu (8/4) malam. "Kami telah menjalani dua dekade yang luar biasa dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, tetapi dia berada di level itu," kata manajer Pep.

Haaland menyumbangkan satu gol salto saat The Citizens menang atas Southampton 4-1. Satu gol itu membuat Haaland saat ini mencatatkan 30 gol di Premier League.

"Saya pikir bos kami membelinya untuk jenis permainan ini. Kami merasa tidak nyaman dan tidak bermain di level terbaik kami tetapi dia mendapatkan gol. Yang kedua, tidak dapat membayangkan dengan tinggi badannya dia memiliki kemampuan ini. Gol yang luar biasa," kata Pep.

Haaland dibeli Manchester City dari Borussia Dortmund dengan harga 51,2 juta poundsterling pada Juli 2022. Striker Norwegia itu tidak memerlukan waktu lama beradaptasi bersama skuad City. Haaland telah menciptakan 44 gol di seluruh kompetisi musim ini.

Kini dirinya juga tercatat sebagai pemain tercepat yang meraih 30 gol dalam musim perdananya di Premier League. Dia mengalahkan Andy Cole pada musim 1993-1994 dan Kevin Phillips pada musim 1999-2000.

"Dia mencetak banyak gol. Gila. Dia ada di sana. Jika kami menciptakan peluang, dia ada di sana," kata rekan setimnya Kevin De Bruyne.

Dengan delapan laga yang tersisa di Premier League, Haaland masih berpeluang besar untuk menyalip rekor gol striker legendaris MU Rudd van Nistelrooy pada 2003 dan pemain Liverpool Mohamed Salah pada 2018, dengan 32 gol.

Sementara itu, Kevin De Bruyne mengaku bangga seusai dirinya menjadi pemain kelima yang mencatatkan 100 assists dalam sejarah Liga Inggris. Pada laga lawan Southampton iti, De Bruyne membuat assists pada gol pertama City yang dicetak Haaland di menit ke-45.

Torehan 100 assists pemain 31 tahun itu masih di bawah Frank Lampard (102), Wayne Rooney (103), Cesc Fabregas (111), dan Ryan Gigs (162) yang masuk dalam jajaran atas peraih assists terbanyak dalam sejarah Liga Inggris. Namun torehan De Bruyne masih bisa bertambah.

Saat ini ManCity masih menyisakan sembilan laga lagi. Artinya Haaland juga berkesempatan tampil dalam sembilan laga itu. Bahkan dia sangat berpeluang memborong gol di sisa laga musim ini, terutama saat City lawan yang di atas kertas jauh lebih lemah. Yakni, Leicester City (15/4), Fulham (30/4), West Ham United (4/5), dan Leeds United (7 /5). *ant

Komentar