nusabali

Ketersediaan Pangan Dipastikan Aman

  • www.nusabali.com-ketersediaan-pangan-dipastikan-aman

SINGARAJA, NusaBali
Jelang Lebaran dan pasca Lebaran, Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng memastikan ketersediaan pasokan pangan aman.

Selain itu, harga harga komoditi juga dipastikan stabil. Kepastian itu terungkap setelah Tim Satgas Ketahanan Pangan Buleleng secara rutin melakukan sidak ke beberapa pasar.

Sekretaris II Tim Satgas Ketahanan Pangan Buleleng, I Gede Putra Aryana mengatakan tim Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Buleleng, melakukan sidak di pasar-pasar selama dua kali seminggu. Pemantauan secara rutin menyasar sentra pasar dan distributor. Dari hasil pantauan dipastikan ketersediaan pangan dan harga komoditi seperti beras, cabai dan minyak goreng dipastikan aman.

"Selain melibatkan Tim Satgas, kami  juga mengerahkan Tim Analis Pangan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng (DKPP) Buleleng untuk melakukan pemantauan setiap harinya," kata Aryana, Minggu (4/5).

Aryana yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan mengakui, ada salah satu distributor di Buleleng yang kehabisan stok minyak. Namun di beberapa tempat distributor lainnya stok minyak dipastikan masih aman. Untuk itu, dia pun meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak panik dan berbelanja sesuai kebutuhannya saja.

"Kami juga minta kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mengawasi serta melaporkan jika ada pihak tertentu menimbun komoditi, sehingga kelangkaan pangan dan harga senantiasa kita jaga," tutupnya.

Sementara itu, dalam memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan, Tim Satgas Pangan melalui Perumda Swatantra dan Perumda Pasar Argha Nayottama Buleleng membuka gerai di dua induk pasar setiap harinya, yakni di Pasar Anyar dan Banyuasri. Di gerai ini, stok pangan memadai serta harga yang stabil. Sehingga dapat menjadi alternatif masyarakat saat dan sesudah lebaran nanti. *mz

Komentar