nusabali

Manusa Yadnya Massal Disambut Antusias

  • www.nusabali.com-manusa-yadnya-massal-disambut-antusias

SEMARAPURA, NusaBali
Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Klungkung akan menggelar upacara Manusa Yadnya massal pada Saniscara Kliwon Wayang, 29 April 2023 mendatang.

Masyarakat menyambut antusias, terbukti sudah ada 1.000 lebih yang mendaftar. Upacara Manusa Yadnya massal dipusatkan di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Klungkung selama 2 hari, 28-29 April 2023. Upacara ini meliputi Sapu Leger, Bayuh Oton, Bayuh Sanan Empeng, Matatah, dan Menek Kelih.


Ketua PHDI Klungkung, Putu Suarta, mengatakan yang sudah mendaftar mencapai 1.000 orang lebih. PHDI Klungkung masih memberikan kesempatan kepada warga untuk mendaftar hingga 10 April ini. Peserta tidak dipungut biaya. Suarta mempersilakan bagi warga yang mau madana punia (menyumbang secara sukarela). “Anggaran kegiatan ini mencapai Rp 250 juta, kami mengandalkan anggaran yang dihibahkan oleh Pemkab Klungkung juga donasi sejumlah pihak,” ujar Suarta, Selasa (4/4).

Jumlah peserta pada tahun ini meningkat signifikan dibandingkan kegiatan sebelumnya, paling banyak 500 peserta. Hal ini akibat pandemi yang menyebabkan tidak bisa menggelar Manusa Yadnya massal karena pembatasan kegiatan masyarakat. Pasca pandemi, ekonomi warga belum pulih total sehingga warga memilih mengikuti kegiatan secara massal. Upacara Manusa Yadnya massal diharapkan dapat meringankan umat Hindu melakukan kegiatan keagamaan atau yadnya. “Upacara seperti ini digelar secara mandiri, anggap saja satu orang menghabiskan sepuluh juta, berapa dana yang keluar dengan peserta ribuan orang,” kata Suarta. *wan

Komentar