nusabali

Jelang Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh, 925 Personel Gabungan Bersiaga

  • www.nusabali.com-jelang-puncak-karya-ida-bhatara-turun-kabeh-925-personel-gabungan-bersiaga

AMLAPURA, NusaBali.com – Puncak karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih jatuh pada Purnama Sasih Kadasa, Rabu (5/4/2023) esok. Sebanyak 925 personel gabungan disiagakan untuk melancarkan upacara tahunan ini.

Ratusan pasukan yang hampir menyentuh angka 1.000 ini digelar pada Selasa (4/4/2023) di kawasan Areal Parkir Kedungdung (Asti Mandala) Pura Agung Besakih. Giat apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Sebanyak 925 personel gabungan terdiri dari personel Polri di Polda Bali, Polres Karangasem, dan Polres Klungkung yang mengisi 416 komposisi pasukan. Sementara sisanya atau sejumlah 509 personel diisi oleh unsur TNI, Satpol PP, BPBD, dan Bakamda.

“Kegiatan pengamanan ini jangan dianggap sebagai pengamanan yang biasa. Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah potensi gangguan keamanan dan kelancaran karya Ida Bhatara Turun Kabeh,” tegas Jayan Danu.

Giat pengamanan karya yang dipastikan didatangi oleh ribuan krama Hindu seluruh Bali bahkan Indonesia ini bakal dilakukan secara terbuka dan tertutup. Pengamanan terbuka mengedepankan tindakan preventif, preemtif, dan proaktif alias variasi pencegahan.

Sementara untuk pengamanan tertutup dilakukan melalui operasi intelijen dan tindakan kuratif guna mengumpulkan informasi potensi gangguan. Dengan demikian, strategi pengamanan dapat lebih matang sehingga mampu menjamin kenyamanan pamedek untuk tangkil.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Satake Bayu menjelaskan, kegiatan pengamanan pada tahun 2023 ini adalah yang pertama dilakukan secara normal pasca pandemi Covid-19. Melalui apel pasukan ini, dilakukan final checking terhadap kesiapan pengamanan hingga Rabu (26/4/2023) mendatang agar berjalan dengan baik.

“Dengan apel gelar pasukan ini, kami melakukan final checking terhadap kesiapan personel terlebih kali ini kegiatan berjalan normal pasca pandemi,” imbuh Satake.

Selain kesiapan pengamanan yang digerakkan oleh personel gabungan, ada pula unsur asosiasi mekanik yang siap membantu pamedek apabila terjadi kendala pada kendaraan. Sebab, Perkumpulan Bengkel Mobil Bali (PBMB) telah membuka Posko Siaga Emergency 24 Jam.

Keberadaan PBMB yang dari tahun ke tahun kerap hadir dengan semangat ngayah ini dapat membantu pamedek yang tangkil untuk mengecek kendaraan. Di samping itu, juga bisa membantu mencegah kemacetan akibat kendaraan bermasalah di akses menuju Pura Agung Besakih. *rat

Komentar