nusabali

Tebing Dekat SDN 1 Busungbiu Longsor

  • www.nusabali.com-tebing-dekat-sdn-1-busungbiu-longsor

Peristiwa longsor hanya berjarak 10 meter dari SD Negeri 1 Busungbiu. Bahkan kantin yang berdiri di dekat longsoran tebing nyaris ambrol.

SINGARAJA, NusaBali

Tebing setinggi sekitar 10 meter di timur gedung sekolah SD Negeri 1 Busungbiu, Banjar Dinas Kaja, Desa/Kecamatan Busungbiu, Buleleng, mengalami longsor pada Senin (3/4) siang sekitar pukul 14.30 Wita. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah diterjunkan ke lokasi untuk mengecek dan memastikan kondisi tebing, apakah ada potensi membahayakan atau tidak.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi memastikan jika bencana longsor tersebut disebabkan hujan deras dan kondisi tanah yang labil. Laporan longsor tersebut disampaikan oleh Kepala Sekolah SD Negeri 1 Busungbiu Made Suparmim. Pihaknya telah mengutus Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi longsor untuk melakukan pengecekan dan assesment.

Adapun luas tebing yang longsor selebar sekitar 7 meter dan tinggi sekitar 10 meter. Sedangkan di sebelah tebing yang longsor terdapat bangunan kantin kantin. Untuk penanganan sementara BPBD sudah memasang terpal di areal longsoran tebing, untuk mengantisipasi longsor susulan jika terjadi hujan deras.

"Tidak ada kerugian akibat kerusakan maupun korban dalam bencana ini. Tim TRC sudah melaksanakan assesment ke lokasi kejadian. Untuk sementara pihak sekolah sudah menutupi bekas longsoran dengan terpal agar tidak terjadi longsor susulan karena di atas tebing terdapat bangunan kantin sekolah," ujarnya.

Untuk mengantisipasi kejadian yang sama terulang, jika memungkinkan akan dilakukan penyenderan untuk melindungi tanah dan gedung sekolah yang ada di atasnya. "Memang cukup riskan kalau dilihat kondisinya di lapangan. Jarak bangunan gedung di atas longsoran itu hanya tinggal beberapa meter saja, kondisi ini cukup berbahaya untuk keberadan gedung sekolah," tandasnya. *mz

Komentar