nusabali

Catat! Ini 6 Cara Terhindar dari Penipuan Online bagi Nasabah Bank

  • www.nusabali.com-catat-ini-6-cara-terhindar-dari-penipuan-online-bagi-nasabah-bank

Inilah 6 cara agar terhindar dari penipuan online bagi nasabah bank.

DENPASAR, NusaBali.com - Saat ini sangat marak di sosial media tentang adanya kasus teror penipuan online.

Khususnya bagi nasabah bank wajib waspada agar terhindar dari penipuan online agar keberlangsungan transaksi di mana pun tetap aman.

Contohnya pada masyarakat Australia hampir kehilangan USD 100 juta (Rp 1,5 miliar) karena penipuan online yang terjadi dalam waktu 59 hari pertama tahun ini.

Sebagaimana dikutip dari laman News.com.au, pada Senin (3/4/2023).

Komisi Persaingan dan Konsumen Australia memiliki pedoman agar terhindar dari penipuan online, yang juga bisa diterapkan di Indonesia, yaitu:

1. Jangan Klik Tautan Apapun

Salah satu cara agar terhindar dari penipuan online bagi nasabah bank, yaitu dengan tidak klik tautan apa pun yang mengaku dari pihak atau instansi bank.

2. Mencari Referensi Penipuan Serupa

Salah satu cara agar terhindar dari penipuan online bagi nasabah bank, yaitu mencari referensi penipuan serupa agar paham tentang informasi hoax.

3. Pastikan Situs Aman

Salah satu cara agar terhindar dari penipuan online bagi nasabah bank, yaitu dengan memastikan setiap situs yang terdeteksi menjanggal dan mencari simbol penanda keamanan di website mengenai pesan yang diterima.

4. Jangan Berikan Informasi Pribadi

Salah satu cara agar terhindar dari penipuan online bagi nasabah bank, yaitu dengan menghindari pemberian data pribadi dari pihak mana pun yang menelepon.

5. Segera Hubungi Bank

Salah satu cara agar terhindar dari penipuan online bagi nasabah bank, yaitu dengan segera menghubungi pihak bank jika terlanjur memberikan informasi agar bisa ditinjaklanjuti segera.

6. Laporkan Penipuan

Salah satu cara agar terhindar dari penipuan online bagi nasabah bank, yaitu dengan melaporkan penipuan atau penyebaran tentang adanya berita hoax.

Itulah 6 cara agar terhindar dari penipuan online bagi nasabah bank.*feb

Komentar