nusabali

Kalapas Kerobokan Pun Dicopot

  • www.nusabali.com-kalapas-kerobokan-pun-dicopot

Kusbiyantoro gantikan Sunarti sebagai Kalapas Kerobokan, sedangkan Arya Budiartawan sundul Agus Miarta jadi KPLP Kerobokan.

Saat dihubungi NusaBali per telepon, Senin kemarin, Sunarto membenarkan pencopotan dirinya sebagai Kalapas Kerobokan. Sunarto pun mengaku siap hadapi proses investigasi di Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Bali. “Ya, saya memang diganti. Bagi saya, sebagai bawahan wajib mengamankan kebijakan atasan. Ini sudah risiko tugas,” tegas Sunarto.
Secara terpisah, Menkum HAM Yasonna Laoly menyatakan mapu dan marah atas tragedi yang terjadi di LP Kerobokan. Apalagi, saat penggeledahan pasca bnentrok maut, ditemukan ratusan senjata tajam, senjata benda tumpul, 7 pucuk senjata api, hingga narkoba, dan jenglot. Ini dianggap memalukan. Sang menteri pun copot Kalapas Kerobokan, Sunarto Bondan.

"Saya sudah perintahkan Kalapasnya, KPLP-nya, dan siapa-siapa lagi yang ikut bertanggung jawab, harus diganti," tegas Yasonna Laoly dilansir detikcom seusai melantik pegawai baru di Kantor Kemenkum HAM, Jalan HR Rasuna Said Jakarta Selatan, Senin kemarin.

Yasonna menyebutkan, temuan berbagai barang di LP Kerobokan menandakan Kalapas dan para petugasnya, terutama KPLP, tidak bekerja dengan baik. Bahkan, diduga ada pembiaran yang dilakukan pihak LP Kerobokan.

"Itu bagaimana bisa di situ barang-barang yang seharusnya tidak ada? Memang kalau senjata tajam terkadang mereka kerja di dalam. Tapi, ada senapan, ada samurai, kan tidak benar ini. Berarti tidak ada kerja, tidak ada penggeledahan bahkan, tidak ada razia-razia yang dilakukan," sesal Yasonna. "Sekarang ambil tindakan awal dulu. Tindakan awalnya, Kalapas Kerobokan dan KPLP-nya dicopot. Nanti kita lihat.”

Yasonna juga sangat menyesalkan, bagaimana senjata tajam, senjata api, hingga jenglot sampai masuk ke LP Kerobokan. Menurut menteri, temuan-temuan pasca bentrok maut ini angat memalukan. "Sangat memalukan. Kalau barang-barang kecil atau apa, nggak apa-apa. Ini senapan lho, bagaimana? Persoalan besar ini," ujar kader PDIP ini.

Sementara itu, jajaran Polda Bali berencana memeriksa Kalapas Kerobokan, Sunarto Bondan, terkait bentrokan maut yang disertai temuan ratusan senjata tajam dan senjata api. "Kepala LP Keronokan akan kami mintai keterangannya," janji Kapolda Bali, Irjen Sugeng Priyanto, dalam keterangan persnya di Mapolda Bali, Jalan WR Supratman Denpasar, Senin kemarin.

Selain Kalapas Sunarto, lanjut Sugeng, pihaknya juga memintai keterangan para petugas LP Kerobokan terkait temuan barang-barang di sana. "Kami juga akan memintai keterangan para petugas Lapas untuk mengetahui mengapa barang-barang ini bisa masuk?" tandas mantan Kadiv Hubinter Mabes Polri yang baru 3 bulan menjabat Kapolda Bali ini. 

“Semuanya akan kita periksa, termasuk memeriksa CCTV yang ada di Lapas Kerobokan, untuk mengungkap bagaimana barang-barang ini masuk. Pemeriksaan akan dilakukan secepatnya," lanjut Sugeng, yang dalam jumpa pers disertai pemajangan barang bukti beragam jenis senjata temuan dari LP Kerobokan, Senin kemarin, didampingi Danrem 163/Wirasatya Kolonel Inf I Nyoman Cantiasa. 7 rez,da

Komentar