nusabali

Klungkung Raih Penghargaan UHC Award

  • www.nusabali.com-klungkung-raih-penghargaan-uhc-award

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung kembali meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023.

Penghargaan diserahkan langsung Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/3). Klungkung berhasil mempertahankan raihan UHC Tahun 2017. Penduduk Klungkung yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejumlah 213.934 jiwa atau 98,37% dari total penduduk Kabupaten Klungkung.

“Kami dinilai telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung program JKN. Ini merupakan bukti nyata peran pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Klungkung,” ujar Bupati Suwirta usai menerima penghargaan UHC Award 2023. Penghargaan ini menjadi prestasi yang luar biasa bagi Kabupaten Klungkung sebab Klungkung bukanlah kabupaten yang memiliki PAD sebesar kabupaten/kota madya lainnya di Bali. Namun dengan niat dan kerja keras yang tinggi maka komitmen tersebut berhasil diwujudkan. “Sebanyak 213.934 jiwa atau 98,37 persen dari total penduduk Kabupaten Klungkung sudah terjamin, sisanya kami tuntaskan untuk menuju 100 persen,” ungkap Bupati Suwirta.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengapresiasi Pemkab Klungkung yang telah konsisten mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan mengintegrasikan jaminan kesehatan daerah ke dalam program JKN. Meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat sebagai salah satu program strategis nasional sejak 2014. JKN telah menjadi tonggak revolusioner dalam penataan layanan kesehatan masyarakat di Indonesia. Sementara Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, mengatakan UHC Award 2023 dengan tema ‘Universal Health Coverage sebagai Wujud Nyata Komitmen Pemerintah Daerah dalam Mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional Bagi Masyarakat Indonesia’.

Sebanyak 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia meraih UHC Award 2023. “UHC Award ini sebagai bentuk penghargaan atas upaya optimalisasi penyelenggaraan program JKN. Dengan gotong royong, semua tertolong,” ujar Effendy. *wan

Komentar