nusabali

Persiapan Melasti, Jukung Nelayan Yeh Gangga Direlokasi

  • www.nusabali.com-persiapan-melasti-jukung-nelayan-yeh-gangga-direlokasi

TABANAN, NusaBali
Jelang kegiatan melasti serangkaian Hari Raya Nyepi, masyarakat Desa Yeh Gangga bersama sejumlah komunitas musik lakukan aksi bersih-bersih pantai di Yen Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan pada Minggu (12/3).

Bahkan untuk persiapan itu telah juga dilakukan relokasi jukung nelayan. Relokasi jukung nelayan yang mulanya terparkir di areal tempat Bale Puja (areal sulinggih), kini dipindah ke sebelah timur Pantai Yeh Gangga. Dan relokasi ini adalah kegiatan rutin ketika menjelang perayaan Nyepi. Relokasi dimulai sejak Minggu (12/3) hingga ngembak geni (sehari setelah Nyepi).

Bandesa Adat Yeh Gangga I Ketut Dolia mengatakan kegiatan bersih pantai dilakukan untuk persiapan melasti serangkaian Hari Nyepi. Ada sejumlah sampah yang dibersihkan mulai dari akar bambu hingga sampah pepohonan. "Sampah yang dibersihkan ini adalah sampah kiriman dan kami lakukan gotong royong tadi (kemarin) bersama komunitas musik," jelasnya.

Saat ini sejumlah desa adat yang mengkonfirmasi akan melakukan melasti ke Pantai Yeh Gangga dan sudah dilakukan pendataan oleh Desa Adat Yeh Gangga. Jadwal melasti akan diawali oleh Desa Adat Yeh Gangga pada Jumat (17/3), disusul Desa Adat Beda pada Sabtu (18/3), dan lanjut disusul desa adat lainnya.

“Pendataan tersebut bertujuan mencegah terjadinya kemacetan di jalur menuju maupun di kawasan pantai pada saat melasti. Seperti yang pernah terjadi pada momen melasti sebelumnya, di mana sempat mengakibatkan nelayan Yeh Gangga terjebak macet cukup lama setelah mereka lakukan aktivitas melaut,” ujarnya.

Bahkan tegas Dolia, agar jalannya kegiatan melasti lancar, juga dilakukan relokasi untuk sejumlah jukung. Jukung nelayan dipindah ke bagian sisi timur pantai yang awalnya diparkir diareal Bale Puja. "Supaya kawasan seteril dan tempat melasti menjadi lebih lebar. Dan ini sudah dimaklumi para nelayan kita," kata Dolia.

Sementara itu Koordinator Komunitas Musik Tabanan I Wayan Sumarta mengatakan kegiatan yang dilakukan ini karena merasa kewajiban bersama-sama menjaga lingkungan. Sedangkan dipilihnya pantai Yeh Gangga sebagai tempat kegiatan karena merupakan salah satu tempat yang nantinya akan digunakan untuk melasti dari sejumlah desa adat di Kabupaten Tabanan. "Tapi kegiatan bersih pantai nanti juga akan dilakukan serupa di pantai yang ada di Tabanan dan Bali," tegasnya. *des

Komentar