nusabali

Bank Sampah Kelurahan Panjer Jemput Sampah ke Rumah Warga

  • www.nusabali.com-bank-sampah-kelurahan-panjer-jemput-sampah-ke-rumah-warga

DENPASAR, NusaBali
Bank Sampah Alam Asri Banjar Celuk, Kelurahan Panjer, Denpasar Selatan, melakukan penjemputan sampah langsung ke rumah warga untuk ditukarkan.

Bank sampah tersebut sebelumnya hanya dibuka di masing-masing banjar. Namun, untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk memilah sampah, Bank Sampah Alam Asri memilih menjemput langsung ke rumah-rumah warga. Hal itu juga dilakukan untuk mempermudah masyarakat menukarkan sampah mereka.

Lurah Panjer I Putu Budi Ari Wibawa, Rabu (8/3), mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Kelurahan Panjer bersama TPS3R Paku Sari dalam mengimplementasikan Peraturan Walikota Denpasar Nomor 45 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Reuse, Reduce, dan Recycle melalui Bank Sampah.

Kegiatan jemput sampah melalui Bank Sampah Alam Asri ini diharapkan mampu membantu Pemerintah Kota Denpasar dalam mengatasi permasalahan sampah di tingkat desa/kelurahan, khususnya dalam penanganan sampah anorganik.

Menurut dia, bank sampah bekerjasama dengan pengurus Bank Sampah Alam Asri dan TP PKK Kelurahan Panjer melaksanakan sosialisasi ke banjar dan kelompok masyarakat lainnya untuk  melakukan pemilahan sampah di sumbernya.

“Kegiatan ini dilakukan saat arisan PKK Banjar Celuk setiap satu bulan sekali dengan mengumpulkan sampah anorganik hasil pemilahan sampah di rumah tangga. Setelah sampah terkumpul keesokaannya petugas Bank Sampah Alam Asri akan melakukan jemput bola ke lokasi,” ujarnya.

Menurut Budi Ari kegiatan yang sama juga dilakukan oleh kader PKK lingkungan di wilayah lain seperti Banjar Kaja, Banjar Kertasari, Banjar Sasih, dan Banjar Kangin. “Selain melakukan pengumpulan di saat arisan, kader juga melaksanakan pengumpulan sampah saat kegiatan posyandu, dengan cara memberikan edukasi kepada PKK. Kami berharap ini dapat diketoktularkan ke masyarakat lain di wilayahnya,” ucap Budi Ari. *mis

Komentar