nusabali

Siswa SMAN 2 Amlapura Juara Esai Nasional di UGM

  • www.nusabali.com-siswa-sman-2-amlapura-juara-esai-nasional-di-ugm

AMLAPURA, NusaBali
Pasangan siswa SMAN 2 Amlapura, Karangasem, Kadek Ditya Mahesa Putra kelas XII MIPA5 dan Ericha Mellyana kelas XII IPS1, memenangkan lomba menulis esai tingkat nasional dalam Festival Kota Gadjah Mada 11.0 di UGM Yogyakarta.

Gelar ini dimenangkan setelah menyisihkan 100 peserta se-Indonesia. Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa bersama guru pembina I Nengah Agus Suryanata, mengapresiasi prestasi itu, saat menerima kedatangan dua siswa tersebut di ruang kerjanya, Senin (27/2). Kadek Ditya Mahesa Putra menuturkan, tahapan lomba mulai akhir November 2022, setelah sebulan penuh mempersiapkan materi sesuai tema lomba, maka menyerahkan materi secara online ke meja panitia, Jumat (20/1). Sedangkan pengumuman pemenang, Minggu (26/2), panitia telah mengirimkan piagam dan hadiah berupa uang pembinaan.

Judul esai yang dilombakan ‘Optimalisasi Sektor UMKM Bidang Agribisnis Melalui Inovasi Asdipura (Asisten Digital Petani Urban Indonesia) Sebagai Strategi Memperkuat Perekonomian Perkotaan dalam Menghadapi Krisis Global 2023’. Kadek Ditya Mahesa Putra memaparkan, inovasi yang dia tampilkan, untuk membantu petani di perkotaan, dengan memanfaatkan aplikasi Asdipura, mampu berproduksi optimal, di tengah terbatasnya lahan, misalnya dengan teknologi hidroponik. "Ternyata inovasi itu dinilai bisa bermanfaat untuk petani Indonesia, sehingga karya essai dinyatakan yang terbaik," jelas alumnus SMPN 2 Amlapura itu.

Dua siswa itu beda jurusan di SMAN 2 Amlapura, namun mampu tampil kompak menyajikan esai. "Sejak SMPN 2 Amlapura, ikut lomba esai bersama-sama. Makanya dengan mudah bekerjasama dalam lomba kali ini," ujar Ericha Mellyana, yang juga alumnus SMPN 2 Amlapura yang bercita-cita jadi Menteri Keuangan, itu.

Kasek I Wayan Puja Astawa mengatakan, SMAN 2 Amlapura hanya mengirim satu pasang, menjadi yang terbaik, beda dengan sekolah lain mengirim banyak peserta. "Ini siswa pilihan, dan sejak awal optimis menang, buat apa kirim banyak, hasilnya kurang optimal," katanya.

Sebagai bandingan, dari SMAN 4 Denpasar, enam pasang siswa masuk 10 besar. Peringkat ke-12 dan ke-13 juga dari SMAN 4 Denpasar. Berikut 10 besar pemenang menulis esai Festival Kota Gadjah Mada 11.0, Kadek Ditya Mahes Putra/Ericha Mellyana dari SMAN 2 Amlapura, Aurellin Bianca Simawan dari SMAK Santa Maria Malang, I Putu Krisna Adastya Artawan dari SMAN 5 Denpasar, Agistiana Dewi dari SMAN 4 Denpasar, Gede Agnaya Manigana dari SMAN 4 Denpasar, Ni Desak Made Devi Suciani dari SMAN 4 Denpasar, Wildan Abdil Farel dari MAN 2 Kediri, Putu Diandra Sahwahita Perdana dari SMAN 4 Denpasar, Ni Wayan Kesya Amanda Putri dari SMAN 4 Denpasar dan Sarlinda Istara dari SMAN 4 Denpasar.*k16

Komentar