nusabali

Kopdit Kubu Bingin Raih SHU 124,98 Persen

  • www.nusabali.com-kopdit-kubu-bingin-raih-shu-12498-persen

GIANYAR, NusaBali
KSP (Koperasi Simpan Pinjam) Kopdit Kubu Bingin (KKB) Bali berkantor pusat di Banjar Tengkulak Mas, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

Tahun buku 2022, koperasi ini berhasil meraup SHU (sisa hasil usaha) Rp 231.984.316 atau 124,98 persen dari target Rp 185.612.150. Hal itu terungkap dalam RAT (Rapat Anggota Tahunan) XXIII KSP Kopdit Kubu Bingin Bali Tahun 2022, di Wantilan Pura Taman Pule, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, Minggu (27/2). Nilai SHU tersebut menggembirakan jajaran pengurus, manajemen, pengawas, dan ribuan anggota. Karena tahun 2022, Bali sedang berjuang keras untuk pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19, terutama Maret 2020 – awal 2022.  

Ketua KSP Kopdit Kubu Bingin Bali Nyoman Arjawa SSn mengatakan, seiring capaian SHU, koperasi telah menaikkan aset 10,01 persen (Rp 2.026.984.796) atau realisasi 102,50 persen (Rp 22.284.479.084) dari target Rp 21.741.116.681. Jumlah anggota juga naik 0,54 persen atau 13 orang. ‘’Kepemimpinan saya di koperasi ini mulai 2017 sampai 2022 atau dua periode. Selama dua periode ini, koperasi ini tentu tak sekadar mengejar SHU,’’ jelas seniman lukis dan topeng asal Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar ini.   

Jelas dia, koperasi ini juga mengemban misi sosial,  terutama bidang kemanusiaan, pendidikan, dan lainnya.

Selain itu, kopdit ini telah membangun gedung serba guna cukup megah yakni kini jadi kantor pusat. Lanjut, pengadan brankas untuk Kantor Cabang Tegallalang dan Batubulan. Kopdit merevitalisasi sistem administrasi dan manajemen, menjalin kerja sama dengan PT Pialang Asuransi Nasional Daperma Indonesia (Pandai). Kerja sama ini untuk melindungi pinjaman dan simpanan uang anggota. Dengan kerja sama ini, untuk pinjaman maksimal Rp 300 juta, jika peminjam meninggal, maka dana pinjamannya akan ditanggung oleh PT Pialang dan peminjam bisa tidak melanjutkan cicilan. Kerja sama juga dengan PT Jamkrida, untuk melindungi simpanan di luar perlindungan PT Pandai.

Teranyar, jelas Arjawa, Kopdit Kubu Bingin menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Kerja sama ini amat penting. Setiap anggota koperasi yang menabung Rp 50.000/bulan, maka uangnya dapat dijadikan premi Rp 16.000/bulan. Dengan itu, jika penabung meninggal, maka berhak atas santunan Rp 42 juta. Kopdit juga bekerja sama dengan Inkopdit Jakarta tentang aplikasi mobile koperasi Cubizpay, dan lain-lain. Untuk diketahui, KSP Kopdit Kubu Bingin Bali berinduk Puskopdit Arta Guna Provinsi Bali.

Perwakilan pengurus Puskopdit Dwi Arta Guna Provinsi Bali Dwi Cahyani mengapresiasi capaian kinerja Kopdit Kubu Bingin Bali. Capaian ini menandakan semua program berjalan dengan baik, walaupun ada beberapa hal yang perlu penyempurnaan. Progres ini juga menandakan pengurus, pengawas, dan manajemen koperasi sudah bekerja keras. Terpenting, para anggota telah memenuhi kewajiban sesuai tata aturan koperasi.  Dia menilai, meskipun sedang dalam pemulihan  ekonomi pascapandemi, koperasi ini bisa meraih SHU 124 persen hingga predikat koperasi sehat. ‘’Semoga pengurus yang baru bisa meraih capaian program makin meningkat dengan banyak terobosan, hingga koperasi makin maju, jaya, dan anggota sejahtera,’’ jelasnya.

RAT diisi dengan pemberian santunan kematian Rp 42 juta, untuk salah seorang angota dari BPJS Ketenagakerjaan, dan pemberian kenangan kepada undangan. RAT disertai pemilihan pengurus, dengan hasil Ketua Dewa Gede Raka Swastika SE, Wakil Gede Suwantika SKom, Sekretaris Ida Ayu Widyanthi, Bendahara  I Made Parwata, dan anggota I Ketut Mudra. Sedangkan pengawas, Ketua I Wayan Putra Jaya, Sekretaris I Nyoman Berata SE, dan anggota I Komang Merta. RAT dihadiri perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Gianyar, Dekopinda Bali, prajuru adat dan dinas Desa Mas dan Desa Kemenuh, Puskodit Dwi Artha GAuna Bali, BPJS Ketenagakerjaan, dan ribuan anggota.*lsa

Komentar